Persija Taklukkan Geylang Internasional FC 3-1


Tuan rumah Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan atas klub Liga Singapura Geylang International FC dengan skor 3-1 dalam pertandingan persahabatan sekaligus uji coba yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta pada hari Minggu malam (23/02/2020).

Tiga gol kemenangan bagi tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut masing masing dicetak oleh pemain andalan timnas Indonesia U-23 Osvaldo Haay pada menit ke-6 kemudian sang bomber Marko Simic pada menit ke-49 dan pemain pengganti Lord Hersus alias Heri Susanto pada menit ke-82.

Sedangkan gol dari tim tamu Geylang International FC dicetak oleh Lenardos pada menit ke-68 lewat tendangan penalti.

Osvaldo Haay bermain apik di laga keduanya bersama Persija Jakarta dengan mencetak satu gol perdananya lewat sundulan kepala dan satu assist kepada Marko Simic untuk mencetak gol kedua bagi Persija Jakarta.

Demikian pula Marc Klok di laga keduanya bersama Persija Jakarta mampu memberikan satu assist kepada Osvaldo Haay lewat tendangan bebas.

Sebelum laga dimulai terlebih dahulu dilakukan seremonial perkenalan para pemain, tim pelatih dan official Persija Jakarta serta jersey laga kandang dan tandang Persija Jakarta di kompetisi Liga 1 2020 yang akan dimulai akhir pekan depan tanggal 29 Februari 2020.


Di babak pertama, Persija Jakarta hampir turun dengan skuad terbaiknya kecuali Otavio Dutra yang masih dalam pemulihan cedera. 

Meski  unggulsatu gol namun pola permainan Persija Jakarta masih terlihat kurang greget terutama di lini tengah walaupun turun dengan tiga pemain yang punya kualitas bintang yaitu Marc Klok, Evan Dimas dan Rohit Chand. Bisa jadi faktor kelelahan menjadi penyebabnya karena hanya selang dua hari setelah laga final Piala Gubernur Jatim 2020 sudah harus kembali bermain. Plus Evan Dimas yang baru kemarin melangsungkan acara pernikahannya juga sudah tampil bersama Persija Jakarta.

Di lini depan, Osvaldo Haay meski tampil apik namun perlu adaptasi lebih lama lagi bersama Marko Simic dan Riko Simanjuntak serta wing bek Tony Sucipto.

Di babak pertama, Persija Jakarta hanya mampu menciptakan tiga peluang yang salah satunya menjadi gol dari sundulan kepala Osvaldo Haay sedangkan dua peluang lainnya, bola dari tendangan Rohit Chand masih membentur tiang gawang dan bola dari tendangan Marco Motta masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Geylang bermain cukup ngotot dan jeli dalam melihat pola permainan Persija Jakarta. Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak dikawal secara ketat dan rapat sehingga Marko Simic sama sekali tidak mendapat suplai bola sedangkan lini tengah Persija Jakarta juga sulit membuka serangan dan kerap putus di tengah jalan.

Geylang berulang kali mengancam pertahanan Persija Jakarta yang terlihat longgar terutama di daerah duet bek tengah Maman Abdurahman dan Ryuji Utomo. Permainan keras dari pemain bertahan Persija Jakarta mengakibatkan sering terjadi pelanggaran di daerah pertahanan Macan Kemayoran.

Di babak kedua, Marc Klok dan Evan Dimas ditarik keluar dan posisinya diisi oleh Dwiki Arya dan Tony Sucipto sedangkan Alfath Fathier menempati posisi wing bek kiri yang sebelumnya ditempati oleh Tony Sucipto.

Persija Jakarta mampu mencetak gol di awal laga babak kedua lewat aksi individu yang apik dari Osvaldo Haay dan kemudian memberikan umpan matang kepada Marko Simic untuk dituntaskan menjadi gol.

Setelah unggul dua gol, permainan Persija Jakarta terlihat mengendur dan dimanfaatkan oleh Geylang untuk terus menggempur pertahanan Persija Jakarta. Lengahnya di daerah bek tengah membuat pemain Geylang mampu memasuki kotak penalti dan harus dilanggar oleh penjaga gawang Andritany Ardhiyasa sehingga wasit langsung menunjuk titik penalti dan dimaksimalkan menjadi gol balasan Geylang.

Geylang terus menggempur pertahanan Persija Jakarta dan kerap membahayakan gawang Persija Jakarta. Beruntung penjaga gawang Shahar Ginanjar yang menggantikan Andritany Ardhiyasa mampu menggagalkan peluang dari Geylang tersebut.

Persija Jakarta mampu mengunci kemenangan menjadi 3-1 lewat tendangan keras pemain pengganti Heri Susanto yang masuk menggantikan Riko Simanjuntak.

Meski memiliki kedalaman skuad dengan sederet pemain berlabel bintang namun Persija Jakarta masih perlu memperbaiki peforma tim terutama kemistri antar pemain yang belum maksimal terutama di lini tengah serta di lini belakang.

Live at Indosiar TV

instagram.com/persijajkt (23/02/2020) 


Depok, 24 Februari 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024