Barito Putera Taklukkan Persib 2-1

 


Sumber gambar : instagram.com/liga1match

Barito Putera secara gemilang berhasil menaklukkan Persib Bandung dengan skor tipis 2-1 dalam laga pekan ke-27 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 yang berlangsung di Stadion Demang Lehman, Martapura pada hari Senin (27/02/2023) sore WIB.

Persib Bandung sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh David da Silva pada menit ke-20.

Namun Barito Putera sukses melakukan comeback dengan mencetak dua gol yang masing masing dicetak oleh Renan Alves pada menit ke-65 dan Gustavo Tocantins pada menit ke-79.

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara Barito Putera melawan Persib Bandung : 

Babak Pertama 

Sejak babak pertama dimulai, Persib Bandung langsung tampil menekan dan lebih mendominasi permainan. 

Pada menit ke-8, Persib Bandung membuka peluang lewat tendangan Marc Klok setelah mendapat umpan dari Ezra Walian. Namun penjaga gawang Yoewanto Beny, sukses menghadangnya sehingga bola dari tendangan Marc Klok masih melebar dari gawang Barito Putera.

Empat menit berselang, giliran Marc Klok yang memberikan umpan ke David da Silva. Striker asal Brasil itu menyambutnya dengan tendangan keras, namun bola masih bisa ditepis penjaga gawang Yoewanto Beny.

Pada menit ke-20, Persib Bandung sukses unggul lebih dulu. David da Silva kembali membuktikan ketajamannya setelah memaksimalkan umpan dari Beckham Putra dan dituntaskan dengan tendangan keras yang membuat bola bersarang di gawang Barito Putera.

Persib Bandung unggul 1-0.

Tertinggal satu gil, tuan rumah Barito Putera mulai keluar menyerang dan terus menekan pertahanan Persib Bandung.

Pada menit ke-27, Barito Putera mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti. Namun bola dari tendangan Renan Alves masih jauh dari gawang Persib Bandung.

Persib Bandung mampu keluar dari tekanan dan melancarkan serangan ke pertahanan Barito Putera.

Hasilnya, Persib Bandung menciptakan peluang pada menit ke-38. Berawal dari David da Silva yang memberikan umpan kepada Beckham Putra di kotak penalti, namun sayangnya peluang tersebut gagal dimaksimalkan oleh Beckham Putra.

Pada menit ke-41, Barito Putera melancarkan serangan balik cepat. Gustavo Tocantins menerima umpan di kotak penalti lalu melepaskan tendangan keras namun bola masih bisa ditepis penjaga gawang Teja Paku Alam.

Pada menit akhir babak pertama, penjaga gawang Teja Paku Alam melakukan blunder dengan meninggalkan gawangnya dan melakukan kesalahan dengan menyentuh bola di luar kotak penalti dan wasit pun langsung mengganjarnya dengan kartu merah. 

Babak pertama berakhir, Persib Bandung masih tetap unggul 1-0 dari tuan rumah Barito Putera.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, pelatih Persib Bandung Luis Milla menurunkan Ahmad Jufriyanto dan Abdul Aziz untuk mengubah strategi karena bermain hanya dengan 10 pemain.  

Senentara di sisi lain Barito Putera yang unggul dalam jumlah pemain,  langsung tampil lebih menyerang dan terus menggempur pertahanan Persib Bandung.

Pada menit ke-53, Barito Putera nyaris menyamakan kedudukan ketika Ferdiansyah sukses menendang bola di kotak penalti. Namun penjaga gawang Reky Rahayu sukses menepis bola tersebut.

Semenit kemudian, penjaga gawang Reky Rahayu kembali beraksi dengan menghentikan bola dari subdulan Renan Alves.

Pada menit ke-63, umpan sepak pojok Rizky Pora menciptakan kemelut di depan gawang Persib Bandung. Beruntung Ahmad Jufriyanto mampu membuang bola keluar dari area kotak penalti. 

Dua menit berselang, Barito Putera akhirnya sukses menyamakan kedudukan lewat sundulan Renan Alves setelah memanfaatkan umpan terukur dari Rizky Pora. 

Skor berubah menjadi imbang 1-1.

Barito Putera semakin gencar menekan pertahanan Persib Bandung yang nampak panik setelah gawangnya kebobolan. 

Pada menit ke-74, keberuntungan masih berihak kepada klub berjuluk Maung Bandung. Berawal saat Barito Putera melancarkan serangan balik dan bola mampu dikuasai Nazar Nurzaidin yang kemudian melepaskan tendangan keras. Namun bola masih menghantam mistar gawang Persib Bandung.

Lima menit kemudian, Barito Putera akhirnya sukses berbalik unggul lewat gol dari sundulan Gustavo Tocantins yang menyambut umpan dari Rizky Pora di kotak penalti. 

Barito Putera unggul 2-1.

Tertinggal satu gol, Persib Bandung  berusaha untuk terus mencetak gol penyeimbang di 10 menit akhir waktu normal. Namun pertahanan Barito Putera cukup solid untuk meredam serangan gencar Persib Bandung.

Pada menit injury time (90+3), Persib Bandung memperoleh tendangan bebas. Namun bola dari tendangan Marc Klok masih melenceng jauh dari gawang Barito Putera.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir, Persib tak mampu mencetak gol penyeimbang sehingga Barito Putera sukses memenangkan laga dengan skor tipis 2-1 atas Persib Bandung.





Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 27 Februari 2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024