Hari Pertama Puasa Bulan Ramadhan 1444 Hijriyah

 


Selamat pagi sobat, 

Kemarin hari pertama puasa di bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, saya lalui dengan aktivitas seperti biasanya. 

Bangun pagi memang agak telat karena setelah solat Subuh saya tidur lagi. Aktivitas pagi setelah mandi yang saya lakukan adalah memberi makan tiga kucing piaran saya. Aktivitas ini terbilang belum lama, baru sekitar dua atau tiga bulan yang lalu. 

Setelah itu saya menyiram tanaman di halaman depan rumah. Berbagai tanaman yang saya tanam terlihat tumbuh subur dengan banyaknya tunas daun yang terlihat segar. Terutama tanaman sirih dengan daun daun yang besar sudah merambat subur di dinding tembok rumah. Saya tengah menanti berbuahnya pohon jeruk santang yang tumbuh subur namun belum juga nampak tanda tanda akan berbunga. Padahal usia pohon jeruk santang ini sudah waktunya untuk berbuah.

Setelah menyiram tanaman, aktivitas saya berlanjut ke ruang literasi di lantai dua karena saya masih harus menuntaskan dua buku saya yang baru saja terbit dua hari lalu dan selanjutnya menyiapkan draft buku dari program KMAC YPTD yang baru saja berakhir. 

Namun sebelum mulai bekerja di depan laptop, saya sempatkan memberi makan ikan ikan cupang dan ikan sepat yang ada di dalam akuarium di ruang literasi. Ikan ikan yang saya piara ini nampak sehat dan begitu lahap menyantap pelet (makanan ikan) yang saya berikan.

Sementara istri dan anak semata wayang saya juga sudah larut dengan kesibukannya masing-masing, WFH (Work From Home).

Saya rehat sejenak untuk menunaikan solat dzuhur. Setelah itu aktivitas saya berlanjut masih di depan laptop untuk menuntaskan draft buku dari program KMAC YPTD. 

Aktivitas saya di ruang literasi baru berakhir saat jelang waktu solat Ashar.

Saya baru turun dari ruang literasi setelah menunaikan solat Ashar dan selanjutnya beristirahat sambil bermain dengan dua kucing kecil piaraan saya yang lucu lucu meski terkadang bandel juga. 

Jelang waktu magrib untuk berbuka puasa di hari pertama bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, saya sempatkan mandi sore dulu. 

Jam 18.04 WIB, waktu berbuka puasa pun tiba. Menu berbuka puasa pertama kali ini adalah dengan segelas teh hangat, kurma, kue pastel dan salad buah. 

Saya berbuka puasa ditemani oleh putri saya sedangkan istri saya ada acara sendiri di luar rumah yang tak bisa ditinggalkan.

Alhamdulillah, puasa hari pertama bulan Ramadhan 1444 Hijriyah telah saya lalui dengan baik meskipun seharian udara terasa begitu panas. 

Setelah berbuka, waktunya menunaikan solat magrib .. 

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Bang Rojak Kerja Di Matraman

Dia Bertugas Jadi Mandor

Puasa Di Bulan Ramadhan

Aktivitas Jangan Jadi Kendor


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 24 Maret 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024