Piala Asia U-20 : Taklukkan Irak 1-0, Uzbekistan Keluar Sebagai Juara

 


Sumber gambar : instagram.com/afcasiancup 

Uzbekistan berhasil menaklukkan Irak dengan skor tipis 1-0 dalam laga babak Final Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Milliy Stadium, Tashkent, Uzbekistan pada hari Sabu (18/03/2023) malam WIB.

Dengan kemenangan ini maka tuan rumah Uzbekistan tampil sebagai Juara Piala Asia U-20 2023.

Satu satunya gol yang membawa kemenangan Uzbekistan dan sekaligus tampil sebagai Juara dicetak oleh Umarali Rakhmonaliev  pada menit ke-72 melalui tendangan penalti. 

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan :

Babak Pertama 

Kedua tim langsung bermain terbuka dalam tempo cepat di menit menit awal babak pertama. Jual beli serangan pun tersaji dengan sengit dan ketat. Baik Uzbekistan maupun Irak sama-sama ingin mencetak gol cepat.

Irak tampak bermain jauh lebih dominan di 10 menit awal laga. Kendati begitu, Uzbekistan juga mampu menebar ancaman ke gawang Irak melalui skema serangan balik.

Pada menit ke-38, Irak memiliki peluang untuk membobol gawang Uzbekistan. Sayangnya, bola dari tendangan Mustafa Mustafa Qabeel masih belum membuahkan hasil.

Giliran Uzbekistan yang mendapat peluang melalui skema serangan balik jelang berakhirnya babak pertama. Sayangnya bola dari  tendangan Abbosbek Fayzullayev masih melebar di sisi kiri gawang Irak.

Babak pertama berakhir, skor masih tetap imbang 0-0.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Uzbekistan bermain jauh lebih agresif dan terus menekan pertahanan Irak di 20 menit laga berjalan. Namun belum ada peluang berbahaya yang bisa diciptakan.

Barulah pada menit ke-65, Uzbekistan nmemperoleh peluang apik lewat tendangan keras Nodir Abdurazzakov. Sayangnya bola masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Irak Hussein Rasetim.

Pada menit ke-70, Uzbekistan mendapat hadiah penalti dari wasit setelah Fayzullayev dilanggar di dalam kotak penalti oleh pemain Irak Sherzod Esanov.

Umarli Rakhmonaliev yang bertindak sebagai eksekutor penalti sukses membobol gawang Irak pada menit ke-72.

Uzbekistan unggul 1-0. 

Tertinggal satu gol, Irak berusaha mencari celah untuk bisa menyamakan kedudukan. Akan tetapi, upaya Irak selalu kandas begitu memasuki pertahanan Uzbekistan yang begitu rapat dan solid.

Hingga babak kedua berakhir, Irak tetap gagal mencetak gol sehingga  skor tetap 1-0 untuk kemenangan Uzbekistan dan sekaligus membawa Uzbekistan keluar sebagai Juara Piala Asia U-20 2023.

Susunan pemain :   

Uzbekistan (3-4-2-1) : Otabek Boymurodov (GK); Diyorbek ortikboev, A. Khusanov, Jakhongir Orozov; Zafarmurod Abdirahmatov, Bekhruz Askarov, Umarali Rakhmonaliev, Makhmudjon Makhamadjnov; Sherzod Esanov, A. Fayzullayev; Asadbek Joraboyev.


Irak (4-2-3-1) : Hussein Rasetim (GK); Ali Jasim, Talib Adam, Raad Kadhim, Mohammed Sajjad Saedi Al-Mahdi; Sadeq Ali Shaheen, Abdulrazzaq Qasim; Mohammed Sajjad Najafi Fadhil, Hayder Abdulkareem, Abdulqader Jameel Ayoob; Mustafa Mustafa Qabeel.


Sumber : okezone.com 


NH 

Depok, 18 Maret 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024