60.134

 


Selamat pagi sobat,  

Saya kembali membuat judul artikel di pagi hari ini berupa deretan angka yang menunjukkan jumlah yang kalau dibaca adalah enam puluh ribu seratus tiga puluh empat.

Jumlah yang tersebut di atas adalah jumlah kehadiran penonton di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta saat berlangsungnya laga kandang pamungkas di pekan ke-34 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 antara Persija Jakarta melawan PSS Sleman.

Jumlah kehadiran penonton tersebut dilihat berdasarkan data yang diungkap di website resmi PT LIB selaku operator Liga 1. 

Jumlah penonton yang hadir di stadion GBK ini merupakan rekor terbanyak kehadiran penonton di stadion selama berlangsungnya kompetisi BRI Liga 1 2022-2023. 

Antusias yang begitu besar dari suporter fanatik Persija Jakarta The JakMania yang berbondong bondong datang dan hampir memenuhi kapasitas penonton stadion GBK (77 ribu) cukup beralasan karena sudah lebih dari tiga tahun, klub berjuluk Macan Kemayoran tidak merumput di stadion GBK. 

Begitu besar animo The JakMania untuk melihat langsung klub kebanggaannya itu adalah untuk memberikan dukungan semangat dan motivasi dari pemain Persija Jakarta untuk menuntaskan laga terakhirnya di kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 dengan meraih kemenangan dan sekaligus mengamankan posisi Runner-Up karena di hari dan jam yang sama, rival terdekat untuk perebutan posisi Runner-Up yakni Persib Bandung juga memainkan laga terakhirnya melawan Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. 

Dukungan yang begitu luar biasa dari The JakMania dengan memadati stadion GBK ini tidak sia-sia karena Persija Jakarta tampil gemilang saat melawan PSS Sleman. Sang Macan Kemayoran membantai Super Elang Jawa dengan skor telak 5-0. 

Persija Jakarta tampil begitu spartan, agresif dan tentu saja menghibur di sepanjang pertandingan. Permainan menyerang tersaji begitu apik ditunjukkan, begitu pula saat bertahan untuk meredam serangan PSS Sleman. Transisi baik menyerang maupun bertahan nyaris nihil dari kesalahan. 

Sang kapten Andritany Ardhiyasa yang menjaga gawang Persija Jakarta menjadi satu satunya pemain Persija Jakarta yang tampil dalam 34 laga dan hanya di laga ini Andritany Ardhiyasa memberikan kesempatan tampil penjaga gawang muda dan punggawa timnas Indonesia U-20 Cahya Supriadi sejak menit ke-80.

Di laga melawan PSS Sleman, Andritany Ardhiyasa tercatat hanya satu kali melakukan penyelamatan dari tendangan bebas pemain PSS Sleman Wahyu Sukarta.

Tiga bek di lini belakang Persija Jakarta menunjukkan peforma kualitasnya sebagai punggawa tim nasional. Muhammad Ferarri dan Hansamu Yama sebagai pemain timnas Indonesia dan Ondrej Kudela sebagai pemain timnas Republik Ceko. 

Demikian pula dua wing back  muda yang juga punggawa timnas Indonesia, Ilham Rio Fahmi di kanan dan Firza Andika di kiri tampil begitu spartan dan tak kenal lelah di sepanjang laga. Ilham Rio Fahmi bahkan sukses memberikan assist untuk gol kedua dari Michael Krmencik.

Di lini tengah, Rizky Fandi dan Hanif Syahbandi juga tampil prima dalam melakukan build up serangan dari lini tengah dan memurus serangan PSS Sleman saat memasuki jantung pertahanan Persija Jakarta.

Di lini depan, duo punggawa timnas Indonesia Witan Sulaeman dan Riko Simanjuntak plus mantan pemain timnas Republik Ceko Michael Krmencik juga tampil gemilang di laga ini.

Michael Krmencik sukses membuat hattrick dengan mencetak tiga gol ke gawang PSS Sleman lalu Witan Sulaeman sukses mencetak satu gol dari titik penalti dan satu assist untuk gol pertama Michael Krmencik. Sedangkan si kancil Riko Simanjuntak mencatat dua assist untuk gol yang dibuat oleh sang supersub Aji Kusuma dan gol ketiga dari Michael Krmencik. 

Permainan gemilang yang ditampilkan Persija Jakarta saat melawan PSS Sleman membawa klub asal ibu kota ini finis di posisi kedua klasemen kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 dengan meraih 66 poin dan berpeluang untuk bisa tampil di Piala AFC 2023-2024. 

Selain itu, Persija Jakarta tercatat tak terkalahkan dalam 17 laga kandang yang dilakoninya dan tercatat menjadi klub yang paling sedikit kebobolan dalam 34 laga yakni 27 gol.

Meski tidak berhasil keluar sebagai Juara namun pelatih Persija Jakarta asal Jerman  Thomas Doll terbilang sukses bisa membawa Persija Jakarta hingga di posisi Runner-Up dan mampu mengorbitkan banyak pemain muda yang berkualitas hingga terpilih sebagai pemain timnas Indonesia U-20.

Hanya ada dua kata untuk Persija Jakarta dan The JakMania, Luar Biasa !

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Mak Siti Pergi Ke Bazar

Membawa Anaknya Yang Masih Balita

Macan Kemayoran Menang Besar

Membuat The JakMania Gembira Dan Suka Cita


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 16 April 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024