Sepakbola SEA Games : Jelang Babak Semi Final

 


Sumber gambar : instagram.com/vivagoal 


Indonesia vs Vietnam


Indonesia akan menghadapi Vietnam pada babak Semi Final cabang Sepakbola SEA Games Kamboja 2023 yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada hari Sabtu, 13 Mei 2023.  

Pertandingan Indonesia melawan Vietnam ini akan dimulai pada pukul 16.00 WIB dan disiarkan secara live oleh RCTI.

Indonesia lolos ke babak Semi Final dengan status sebagai Juara Grup A dengan menorehkan catatan yang cukup mentereng yakni Indonesia menjadi satu-satunya negara yang selalu menang di babak penyisihan Grup dan paling banyak mencetak gol (13 gol) dan sedikit kebobolan (1 gol).

Sementara itu, Vietnam juga tampil cukup solid di babak penyisihan Grup dan berhasil menduduki posisi Runner-Up Grup B. Sama-sama mendapat 10 poin, Vietnam hanya kalah selisih gol dari Thailand yang menjadi Juara Grup B.

Sebagai catatan, pada SEA Games 2021 lalu, Indonesia kalah dengan skor telak 3-0 dari Vietnam pada laga babak penyisihan Grup. 

Pertandingan di babak Semi Final inilah, Indonesia baru akan menemui lawan tangguh yang solid dalam bertahan dan berbahaya dalam skema serangan cepat.

Melawan Vietnam, pemainp Indonesia harus tetap fokus dalam permainan dan jangan mudah terprovokasi dengan permainan keras Vietnam yang sengaja dilakukan untuk membuyarkan konsentrasi lawan. 

Pemain bertahan Indonesia juga harus mewaspadai serangan cepat Vietnam terutama dari kedua sisi sayap. Jangan membuat celah di lini bertahan sehingga pemain Vietnam bisa memanfaatkannya untuk masuk ke area penalti Indonesia. Salah satu penyerang Vietnam yang patut diwaspadai adalah Nguyen Van Tung yang sudah mencetak 4 gol.


Sementara untuk menembus pertahanan Vietnam yang rapat dan solid maka kedua sisi sayap Indonesia harus kerap memberikan efek kejut ke area penalti Vietnam dan jangan terlalu banyak membuang peluang ketika punya kesempatan  untuk shooting ke arah gawang.

Permainan cepat dengan umpan umpan pendek juga bisa digunakan untuk menembus pertahanan rapat Vietnam. 

Semangat pantang menyerah harus terus ditunjukkan oleh pemain Indonesia di sepanjang permainan dan tentu kita berharap Indonesia mampu menaklukkan Vietnam di laga babak Semi Final ini.

Thailand vs Myanmar 

Thailand akan berjumpa Myanmar pada babak Semi Final cabang Sepakbola SEA Games Kamboja 2023 yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada hari Sabtu, 13 Mei 2023. 

 Pertandingan Thailand melawan Myanmar ini akan dimulai pada pukul 20.00 WIB dan akan disiarkan secara live oleh iNews TV.

Thailand lolos ke babak Semi Final sebagai Juara Grup B dengan meraih 10 poin dari empat laga. Thailand berhasil mencetak 10 gol dan hanya kebobolan 3 gol pada babak penyisihan Grup. 

Sementara Myanmar membuat kejutan setelah lolos ke babak Semi Final dengan menyingkirkan tuan rumah Kamboja yang difavoritkan sebelumnya. Myanmar keluar sebagai Runner-Up Grup A. Myanmar hanya sekali kalah dari empat laga di babak penyisihan Grup. Namun Myanmar justru kalah telak dengan skor 5-0 dari Indonesia. 

Dilihat dari peforma kedua negara ini di babak penyisihan Grup, Thailand memang lebih diunggulkan untuk lolos ke babak Final ketimbang Myanmar. Thailand memiliki pertahanan yang solid dan beberapa pemain cepat dan tajam di lini depan seperti Teerasak Poeiphimai, Yotsakorn Burapha dan Achitpol Keereerom sehingga Myanmar harus benar benar fokus dalam mengawal area pertahanannya.

Namun demikian, Myanmar bisa saja kembali membuat kejutan saat menghadapi Thailand. Myanmar memiliki pemain Thet Hein Soe yang cukup tajam di lini serang. Selain itu, ada Hein Htet Aung yang menjadi pemain playmaker. Dua pemain tersebut bisa saja membuat repot lini bertahan Thailand. 

Negara manakah yang akhirnya sukses meraih tiket ke babak Final cabang Sepakbola SEA Games Kamboja 2023 ini ? 

Mari sama-sama kita saksikan .. 


NH 

Depok, 12 Mei 2023





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024