Kembali Periksa Jawaban Soal UTS Seperti Sebelum Ada COVID-19

 


Selamat pagi sobat, 

Hari ini, saya berencana untuk mulai memeriksa jawaban soal UTS (Ujian Tengah Semester) dari mahasiswa yang berjumlah sekitar 150 orang. Untuk kali pertama saya memeriksa jawaban soal UTS dengan lembar kertas jawaban seperti sebelum adanya pandemi COVID-19. 

Hal ini terjadi karena pada pelaksamaan UTS di semester ATA 2022/2023, mahasiswa kembali melaksanakan UTS di ruang kelas kampus dengan menuliskan jawaban soal UTS di kertas lembar jawaban yang sudah disediakan. 

Di masa pandemi COVID-19 sejak 18 Maret 2020, pelaksanaan UTS dilakukan secara online melalui Virtual Class (V-Class). Mahasiswa menjawab soal UTS dengan lembar jawaban yang ditulis tangan kemudian di foto/scan dijadikan file pdf lalu di submit di V-Class pada hari dan waktu yang sudah ditentukan. 

Untuk memeriksa jawaban soal UTS yang dikumpulkan secara online di V-Class ini maka dosen harus men-download satu demi satu file jawaban UTS dari setiap mahasiswa lantas memeriksanya di layar komputer atau laptop. Kendala yang kerap muncul biasanya pada foto/scan yang buram yang cukup sulit untuk dibaca sehingga memeriksa lembar jawaban UTS secara online ini sering kali memakan waktu yang cukup lama. 

Di semester ATA 2022/2023 ini perkuliahan juga sudah berjalan secara offline atau kuliah berlangsung di ruang kelas kampus sebanyak 7 kali pertemuan dari 14 kali pertemuan selama satu semester. Oleh karena itu, tugas tugas yang saya berikan juga tidak dilakukan secara online lagi sehingga saya lebih mudah untuk memeriksanya. 

Untuk ke depannya, kombinasi perkuliahan secara online dan offline seperti yang sudah dilaksanakan pada semester PTA maupun semester ATA 2022/2023 sebaiknya masih tetap diberlakukan sepanjang pandemi COVID-19 masih belum hilang. 

Semoga kita senantiasa mendapat nikmat sehat dari Allah Subhannahu Wa Ta'ala .. 

Aamiin Aamiin Ta Robbal Alam

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Bang Rolan Berlibur Ke Kota Malang

Naik Mobil Bermerek Honda

Pandemi COVID-19 Belum Juga Hilang

Tetap Taati Prokes Dan Selalu Waspada


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 19 Juni 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024