Manfaat Daun Ketapang Kering Bagi Ikan Cupang

 


Selamat pagi sobat, 

Sepuluh hari yang lalu, seekor ikan cupang piaraan saya mati, entah karena apa. Awalnya tak mau makan lantas mulai berenang secara tidak wajar,  tubuh yang horizontal dengan mulut di permukaan air. 

Kematian seekor ikan cupang berjenis Serit ini membuat akuarium mini menjadi kosong sehingga saya segera mengisinya dengan seekor ikan cupang baru dengan membelinya secara online. 

Tak butuh waktu lama, hanya selang sehari setelah membeli di lapak online penjualan ikan cupang maka ikan cupang yang saya beli sudah tiba di rumah. 

Ikan cupang yang baru saya beli ini berjenis pelakat koi karena tubuhnya bercorak warna seperti ikan koi. Ikan cupang ini terlihat sehat, lincah dan langsung mau makan tanpa perlu adaptasi dengan lingkungan barunya. 

Oleh penjual ikan cupang, saya dikasih bonus satu plastik kecil berisi daun ketapang kering. Awalnya saya tidak tau buat apa daun ketapang kering ini, maklum saya masih pemula dalam memelihara ikan cupang. Oleh penjual ikan cupang lantas diberi tau kegunaan dari daun ketapang kering setelah dimasukkan ke dalam akuarium ikan cupang. 

Dua hari berselang, saya melihat ikan cupang jenis Serit di akuarium mini yang lain juga ada tanda tanda mau mati. Lantas saya ingat daun ketapang kering pemberian bonus dari penjual ikan cupang. Kemudian dua lembar daun ketapang kering saya masukkan ke dalam akuarium tempat ikan cupang yang sudah berenang secara horizontal. 

Hari ketiga atau tepatnya dua hari lalu setelah saya masukkan daun ketapang kering ke dalam akuarium, ikan cupang yang sakit  nampak ada perubahan perilaku yang signifikan. Ikan cupang terlihat mulai kembali berenang seperti biasa. Kemarin (Selasa, 13/06/2023), setelah saya ganti air di akuarium, ikan cupang nampak mulai lincah bergerak dan sulit ditangkap dengan serokan. Air dan daun ketapang kering baru saya masukkan dalam akuarium dan ikan cupang pun terlihat makin bugar dan di siang harinya sudah mau makan pelet yang saya berikan. Alhamdulillah ..

Saya lantas jadi penasaran dengan khasiat daun ketapang kering yang mampu menyehatkan kembali ikan cupang yang sudah terlihat "sekarat". 

Dari media online halodoc.com (21/07/2021) yang saya baca menyebutkan bahwa daun ketapang kering mempunyai berbagai macam manfaat luar biasa bagi pertumbuhan dan kehidupan ikan cupang. 

Berikut beberapa manfaat daun ketapang kering bagi ikan cupang : 

1. Membuat ikan cupang lebih sehat.

Daun ketapang kering diduga memiliki sifat anti-parasit, anti-bakteri dan anti-jamur. Dengan kandungan sifat tersebut daun ketapang kering dapat menjaga air bebas dari patogen, menghasilkan ikan cupang yang lebih sehat, lincah dan kuat. Terlebih lagi, beberapa peternak ikan cupang percaya bahwa daun ketapang kering dapat membuat ikan cupang lebih mudah bertelur. 

2. Meningkatkan kualitas air.

Daun ketapang kering perlahan-lahan akan rusak ketika dimasukkan ke dalam akuarium. Pada proses tersebut daun ketapang kering ini akan melepaskan asam tanat, tanin, dan zat lain ke dalam air di akuarium. Nah, ketika asam tanan dilepaskan, maka pH air dalam akuarium akan menurun sehingga lebih cocok dan ideal dengan kondisi ikan cupang. Sebab, air keran mungkin saja tidak sesuai dengan kondisi ideal ikan cupang.

Menariknya lagi, daun ketapang kering juga bisa mengubah warna air dalam akuarium. Nah, perubahan warna air ini diduga dapat mengurangi stres pada ikan cupang, karena merasa berada di dalam habitatnya. 

3. Mengatasi masalah kulit.

Daun ketapang kering dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit dari ikan cupang.

Banyak aquarists berpendapat bahwa daun ketapang kering dapat digunakan untuk mengatasi penyakit atau cedera yang melibatkan kulit ikan cupang, atau lebih tepatnya sisik dari ikan cupang.

Zat tanin yang dilepaskan oleh daun ketapang kering dipercaya dapat membunuh bakteri, jamur dan virus, dan memungkinkan ikan cupang yang terluka untuk sembuh lebih cepat. Bahkan, daun ketapang kering ini juga disebut-sebut lebih baik daripada antibiotik dan obat lain, saat melawan bakteri dan jamur di peternakan ikan cupang.

4. Lokasi untuk bertelur.

Manfaat daun ketapang kering lainnya sebagai tempat untuk ikan cupang melepaskan telurnya. Pada dasarnya, banyak ikan cupang melepaskan telur di atas atau di bawah daun yang berguguran. Hal ini membantu menyembunyikan telur dari predator.

Daun ketapang kering juga memiliki manfaat untuk pemijahan, sebab banyak ikan cupang hanya akan bertelur dalam kondisi air tertentu. Nah, penurunan pH dan kesadahan air berkat khasiat daun ketapang kering, mungkin sebuah kondisi yang dibutuhkan ikan cupang untuk bertelur.

Dari beberapa manfaat di atas, bisa jadi ikan cupang saya yang kembali sehat dikarebakan khasiat daun ketapang kering seperti yang disebutkan pada nomor tiga. 

Daun ketapang kering ini menjadi pengetahuan baru bagi saya yang belum lama memelihara ikan cupang. Beberapa lapak online yang menjual ikan cupang ternyata juga menjual daun ketapang kering dengan harga yang terjangkau. 

Saya berencana untuk membeli daun ketapang kering ini bila yang diberikan sebagai bonus oleh penjual ikan cupang sudah habis. 

Mudah mudahan dengan adanya daun ketapang kering yang saya gunakan ini, ikan ikan cupang yang saya pelihara selalu sehat, lincah dan terhindar dari segala penyakit. 

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Handphone Wak Ucup Kerap Berdering

Suaranya Sember Dan Pecah

Manfaat Dari Daun Ketapang Kering

Membuat Ikan Cupang Sehat Dan Lincah


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 14 Juni 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024