Menikmati Lezatnya Sayur Kluwih

 


Selamat pagi sobat, 

Beberapa hari yang lalu, ada keinginan saya untuk dibuatkan istri sayur kegemaran saya sejak kecil yaitu sayur Kluwih. 

Untuk mendapatkan buah Kluwih yang sudah semakin jarang dijual di pasar maka kita harus order terlebih dulu kepada tukang sayur langganan yang berjualan keliling di Perumahan tempat saya tinggal dan tidak hanya buah Kluwih saja yang dipesan namun berikut penyedap sayur Kluwih seperti daging tetelan, cabe hijau, dua lembar pete dan bumbu bumbu untuk membuat sayur Kluwih.

Selang satu hari kemudian, alhamdulillah buah Kluwih ada yang jual dan menurur tukang sayur langganan hanya ada satu penjual buah Kluwih di pasar. Pesanan yang lain pun juga dibawa oleh tukang sayur. Buah Kluwih sudah siap untuk dibuat sayur Kluwih. 

Kemarin (Minggu, 11/06/2023) jelang siang hari, istri saya pun mulai memasak sayur Kluwih dan sekitar satu jam, aroma sedap dari sayur Kluwih dalam panci yang hampir matang sudah tercium di dalam rumah. 

Sekitar setengah jam setelah sayur Kluwih matang, waktunya kami bersantap siang. Saya sudah tak sabar untuk menikmati sayur Kluwih buatan istri tercinta. Seperti aroma yang sudah menyebar di dalam rumah, rasa sayur Kluwih pun lezat sekali, maknyuss .. 

Saya begitu menikmati sayur Kluwih ini terutama saat makan biji biji Kluwih alias beton yang nikmat sekali rasanya. 

Seperti yang saya baca pada media online kecipir.com (26/02/2018) bahwa buah Kluwih yang mirip dengan buah Sukun dan Nangka ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Menurur media online ini dalam 100 gram buah Kluwih terkandung nutrisi: kalori – 111 Kcal, lemak – 0,3 gram, fosfor – 0,9 mg, kalsium – 28 mg, karbohidrat – 27,2 gram, protein – 1,5 gram, vitamin A – 20 IU, vitamin B – 10 mg, vitamin C – 19 mg, dan zat besi – 32 mg.

Adapun manfaat bagi kesehatan dari buah Kluwih ini adalah sebagai berikut : 

1. Memiliki kandungan Protein yang tinggi. 

Kandungan protein yang tinggi pada buah Kluwih ini sangat baik untuk menjaga kesehatan otot.  Selain itu, proses regenerasi sel di tubuh juga akan berjalan dengan lancar.

2. Mengandung lemak tak jenuh. 

Buah Kluwih ini memiliki kandungan lemak tak jenuh yang berfungsi untuk mengimbangi jumlah lemak jenuh.  Agar saling melengkapi dan menutupi kekurangan dan kelebihan masing-masing.

3. Menambah Hemoglobin.

Kandungan zat besi didalam buah Kluwih mampu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh dan dapat membuat tubuh lebih sehat serta terhindar dari bahaya yang ditimbulkan karena kekurangan zat besi. 

4. Mencegah Gangguan Kelenjar Limfa. 

Gangguan kelenjar limfa bisa membuat tubuh menjadi demam.  Dengan mengonsumsi buah Kluwih secara rutin akan mengembalikan kinerja kelenjar limfa sebagaimana mestinya.  Sehingga rasa sakit akibat kelenjar limfa dapat berkurang. 

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan vitamin dan mineral pada buah Kluwih bisa mengatasi gangguan pencernaan dan dapat terbebas dari sembelit atau gangguan pencernaan lain yang lebih berbahaya. 

6. Membuat badan menjadi bugar. 

Khasiat buah Kluwih juga bisa membuat badan menjadi bugar karena buah Kluwih kaya akan kalium dan vitamin penting, terutama vitamin B dan viramin C.

7. Menghilangkan garis lemak. 

Oleh karena kandungan gizi di dalam buah Kluwih ini terbilang rendah maka saat mengkonsumsinya tidak perlu khawatir tentang garis lemak di tubuh sebab justru garis-garis itu akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. 

8. Menurunkan berat badan. 

Buah Kluwih sangat cocok dimakan oleh orang yang sedang menjalankan program diet ketat sebab dapat menurunkan berat badan secara signifikan.  Maka jangan heran bilamana sayur Kluwih biasanya sangat digemari oleh orang yang sedang diet ketat. 

9. Mencegah penyakit jantung. 

Buah Kluwih bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung karena kandungan asam lemaknya yang baik. 

10. Menurunkan kadar Kolesterol. 

Buah Kluwih juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol berbahaya atau LDL, sekaligus meningkatkan HDL yakni kolesterol yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Dan ternyata buah Kluwih selain lezat rasanya ketika dimakan sebagai sayur Kluwih namun juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. 

Adakah sobat yang belum pernah merasakan lezatnya sayur Kluwih saat dinikmati dengan nasi hangat ? .. Silakan dicoba saja dengan resep yang sudah tersedia di mbah Google.

Sobat, ijinkan saya menyaimpaikan sebuah pantun sebelum saiiya undur diri :

Si Upik Suka Berdandan Ala Kadarnya 

Terutama Saat Naik Angkutan

Sayur Kluwih Selain Lezat Rasanya

Juga Banyak Manfaat Bagi Kesehatan


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 12 Juni 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024