Tulisan Dari Sahabat ..

 


Selamat pagi sobat, 

Kemarin (Jum'at, 09/06/2023) saya melihat status saya di Memories Facebook pada tanggal yang sama namun di tahun yang berbeda yaitu tahun 2021 yang bertajuk : "Tulisan Dari Sahabat". Tulisan ini dibuat oleh kawan saya seorang penulis, mas Budi Santoso yang tinggal di kota Palembang pada tanggal 18 Desember 2020 dan telah diposting di website YPTD : terbitkanbukugratis.id di hari yang sama. 

Beliau membuat tulisan ini setelah mendapatkan hadiah berupa buku karya saya dalam acara Bedah Buku yang diselenggarakan oleh penerbit YPTD (Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan pada tanggal 15 Desember 2020. Bedah buku tersebut bertema "Nurwendo Terbitkan 9 Buku Dalam 5 Bulan" dimana saya menjadi pembicaranya.

Mas Budi Santoso nampaknya begitu gembira menerima hadiah buku dari saya dan mengekspresikan kegembiraan itu dengan menuliskan sebuah artikel setelah beliau menerima kiriman buku dari saya. 

Alhamdulillah apa yang saya tuliskan dalam buku tersebut mendapat apresiasi dari mas Budi Santoso. Tentu saja sebagai seorang penulis akan merasa senang bila tulisan tulisannya diapresiasi oleh orang lain. 

Selain tulisan mas Budi Santoso sudah saya upload di akun Facebook saya pada tanggal 9 Juni 2021 maka kali ini saya tuliskan kembali dalam artikel ini dan nantinya bakal terabadikan dalam buku sayabselanjutnya. 

Adapun tulisan mas Budi Santoso adalah sebagai berikut : 

Alhamdulillah terima kasih YPTD khususnya pak Thamrin Dahlan atas kiriman hadiahnya. Sekitar jam 10.00 WIB yang ditunggu akhirnya datang (hadiah buku saat acara bedah buku ”Nurwendo Terbitkan 9 Buku dalam 5 Bulan”). 

Dalam hati menduga-duga kira-kira dapat buku apa ya ? pas bungkus paket dibuka eng .. ing .. eng .. wow … ternyata harapan itu terwujud dalam genggaman ”Masih Anak Kolong Yang Gemar Menulis" Seri 2 - Bunga Rampai Artikel UC We Media bulan November s/d Desember 2017.

Tidak sabar lagi, rileks sejenak, atur posisi, siapkan air minum, langsung gass pool .. !!! penasaran nii yee dengan anak kolong ….(jujur iya). Setelah baca daftar isi, kata pengantar, langsung ke bagian akhir buku … baca profil penulisnya …. ohh ternyata anak kolong itu bukan seperti yang saya pikirkan ... hmmm …..

Akhirnya buka mbah google, masukkan kata kunci “anak kolong” ternyata menurut wikipedia adalah sebutan dalam bahasa sehari-hari untuk anak tentara atau anak yang besar di tangsi tentara. Istilah ini telah dipakai sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Asal usul istilah ini berasal dari keadaan tangsi anggota KNIL yang sangat memprihatinkan. 

Semoga teman -teman yang lain juga tidak seperti saya ya.. he .. he karena persepsi saya anak kolong itu anak yang berasal dari keluarga yang susah alias kesulitan ekonomi. Ternyata oh ternyata … begitu selesai membaca profilnya penulis adalah anak seorang tentara yang aktif di organisasi FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI -POLRI). Selanjutnya semakin menginspirasi saya untuk terus bersemangat membaca … membaca dan membaca buku beliau tersebut .. salam hormat Pak Nurwendo.

Halaman demi halaman saya baca. Saya nikmati sajian yang renyah dan gurih (kayak makanan saja .. he .. he) tentang dunia persepakbolaan … tulisan yang dikemas apik membuat pembacanya terbawa suasana yang seperti nyata. 

Saat tiba di halaman 255 tertulis Hujan gol Di Stadion Emirates. Wow .. kereeen ... seperti kita nonton beneran ini ….. jadi ingat presenter Piala Dunia era 90an-2000an Ricky Jo dengan suara khas dan gaya bicara yang meliuk-liuk memancing emosional penonton.

Akhirnya tepat pukul 16.00 WIB tuntaslah saya baca buku dalam genggaman saya tadi (Jeda sebentar waktu sholat dan makan siang).

Inspirasi anak kolong (Pak Nurwendo) yang saya bidik dari profil beliau adalah orang yang Ulet, Tekun, Disiplin dan Pantang Menyerah sehingga terwujudlah karya – karya yang fenomenal ini.

Semoga akan menginpsirasi Nurwendo – Nurwendo berikutnya (Nurwendo milenial .. he.. he) Aamiin Yaa Rabb. 

Jalan Jalan Ke Pulau Komodo

Liat Bule Di Warung Nasi

Bersyukur Ketemu Pak Nurwendo

Anak Kolong Yang Menginspirasi


BS

Palembang, 18 Desember 2020 


***** 


Terima kasih mas Budi Santoso .. 


Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saiiya undur diri :

Wak Umuh Adalah Seorang Idealis

Selalu Patuh Pada Aturan Main

Betapa Gembiranya Seorang Penulis

Jika Tulisannya Diapresiasi Orang Lain


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 10 Juni 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024