Tahun Ketiga Sebagai Seorang Penulis Buku

 


Selamat pagi sobat, 

Hari ini, Selasa 22 Agustus 2023 tepat tahun ketiga saya menerbitkan buku pertama saya. 

Perjalanan saya menjadi seorang penulis buku dimulai tahun 2017 dan diawali dari ajakan untuk menulis dari seorang kawan dosen senior di Universitas Gunadarma, tempat saya memberi kuliah. 

Yang mengajak saya adalah bapak Haji Thamrin Dahlan. Beliau seorang purnawirawan polisi berpangkat Komisaris Besar (Kombes) yang setelah pensiun, beliau menjadi seorang penulis aktif dan saat itu sudah menerbitkan 30 buku kumpulan dari artikel yang beliau buat. 

Beliau juga seorang penulis senior di kompasiana. Selain itu, beliau sudah bergabung sebagai penulis di UC We Media, empat bulan lebih dulu dari saya. Kemudian beliau menshare tulisan tulisannya yang sudah dipublikasi di media online UC News kepada saya. 

Setelah membaca beberapa artikel beliau, mulai ada keinginan saya untuk kembali menulis dan bergabung sebagai penulis di UC We Media. 

Tanggal 22 Juni 2017, saya mendaftar menjadi penulis di UC We Media. Tak menemui kesulitan, saya diterima sebagai penulis pemula di UC We Media.

Terhitung tanggal 22 Januari 2018, tepat 7 bulan saya bergabung sebagai penulis UC We Media dan menurut catatan UC We Media, saya sudah menerbitkan sebanyak 318 artikel dan mendapatkan 1.16 M views atau satu juta seratus enam puluh ribu orang yang melihat artikel saya serta ada 1768 orang yang memberikan komentar pada artikel artikel saya yang terpublikasi di UC News. 

Terinspirasi dari bapak Haji Thamrin Dahlan yang saat itu sudah menerbitkan 30 buku maka saya pun berkeinginan untuk mengumpulkan artikel artikel yang sudah dipublikasikan di UC News akan saya abadikan dalam sebuah buku berupa bunga rampai dari artikel artikel saya pada kurun waktu tertentu. 

Sejak saat itu saya mulai mempersiapkan draft buku untuk buku pertama yang saya akan terbitkan dan merupakan bunga rampai dari kumpulan artikel saya yang sudah terpublikasi di UC News mulai dari bulan Juni s/d bulan Agustus 2017. 

Buku pertama saya ini saya beri judul sesuai moto yang tertulis di akun UC We Media saya yaitu "Anak Kolong Yang Gemar Menulis". 

Setelah lama tertunda karena berbagai kesibukan, barulah dua tahun kemudian tepatnya pada bulan Agustus 2020, saya menyampaikan niat untuk menerbitkan buku pertama saya kepada bapak Haji Thamrin Dahlan yang saat itu baru mendirikan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) yang salah satu kegiatannya adalah menerbitkan buku ber-ISBN.

Gayung pun bersambut, bapak Haji Thamrin Dahlan dengan senant hatinsiap membantu untuk menerbitkan buku pertama saya. 

Tepat di tanggal 22 Agustus 2020, buku pertama saya yang berjudul Anak Kolong Yang Gemar Menulis", akhirnya terbit.

Alhamdulillah ..

Berikut sebagian kata pengantar dari bapak Haji Thamrin Dahlan selaku Ketua YPTD yang tertuang dalam buku pertama saya :

***

Pertama diucapkan selamat kepada Mas Nurwendo atas terbitnya Buku pertama yang berjudul "Anak Kolong Yang Gemar Menulis". Buku ini merupakan Buku ke-14 yang diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Thamrin Dahlan (YPTD).

Mas Nurwendo adalah sahabat saya sesama Dosen di Universitas Gunadarma. Beliau terinspirasi menuangkan ide ide ketika kami sering berdiskusi tentang dunia literasi di Indonesia. Ternyata setelah posting di media social terutama di web UC News, Mas Nurwendo mulai menemukan dunia baru yang sangat mengasyikkan.

Sejak saat itu Mas Nurwendo aktif dan sangat produktif memposting artikel terutama yang berkaitan dengan olahraga khususnya sepak bola. Setelah banyak tulisan nan terserak dan kini saatnya untuk disatukan dan diabadikan dalam sebuah buku.

YPTD menyambut baik ketika Mas Nurwendo menyampaikan niat menerbitkan buku. Alhamdulillah, dalam waktu yang sangat singkat proses penerbitan buku mulai dari pengurusan International Standard Book Number (ISBN) di Perpustakaan Nasional sampai pencetakan buku berjalan sangat lancar.

*** .

Itulah sepenggal kisah, awal mula saya menjadi seorang penulis buku dan sejak saat itu, buku demi buku sudah saya terbitkan. 

Buku adalah Mahkota bagi seorang penulis. 

Tak terasa hari ini sudah tahun ketiga saya menerbitkan buku dan di hari yang spesial ini saya abadikan dengan menerbitkan buku saya ke-80 yang saya beri judul "Mimpi Seorang Penulis Tua". Buku ini merupakan kumpulan dari 40 puisi yang saya buat.

Sudah barang tentu, saya selalu berdoa kehadirat Allah Subhannahu Wa Ta'ala agar senantiasa diberikan nikmat sehat sehingga saya dapat terus menulis dan menerbitkan buku demi ikut memajukan literasi di Indonesia .. 

Aamiin aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Bang Joni Suka Koleksi Lukisan Abstrak

Terutama Yang Menggambarkan Tragedi

Kumpulkan Tulisan Tulisan Yang Terserak

Menjadi Sebuah Buku Nan Abadi

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 22 Agustus 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024