Jalan Jalan (4) - Wisata Ke Kopi Klotok Dan Masjid Raya Syeikh Zayed Solo

Selamat pagi sobat,

Sekitar jam 09.15 WIB pagi (Selasa, 21/11/2023) ini, rombongan trah keturunan RM Sastro Koesoemo check out dari hotel untuk melanjutkan perjalanan wisata ke kota Solo. Namun sebelum meluncur ke kota Solo, kami singgah dulu di warung Kopi Klotok untuk menikmati sarapan pagi.

Warung Kopi Klotok terletak di jalan Kaliurang KM-16 dengan area persawahan yang membentang lumayan luas.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, kami telah tiba di lokasi warung Kopi Klotok yang terlihat ramai pengunjung yang ingin bersantap pagi di tempat itu.

Untuk memesan menu makan dan minum, kami harus antri lebih dulu dan sejenak menunggu di meja makan yang telah kami pilih.

Tak terlalu lama, menu yang kami pilih telah tersaji. Saya dan istri memilih menu pisang goreng, jadah, nasi dengan sayur kluwih dan telur dadar lalu segelad kopi dan wwedang jahe. Yang menarik, sayur kluwih yang tersaji di sini rasanya maknyus karena sayur kluwih ini memang salah satu sayur favorit saya.

Setelah menikmati menu sarapan pagi, sebagian dari rombongan menikmati suasana persawahan yang indah dan berfoto bersama. Sedangkan yang lain berbincang bincang di tempat makan eambil menikmati pisang goreng.

Sekitar jam 11.40 WIB, kami meninggalkan warung Kopi Klotok untuk melanjutkan perjalanan ke kota Solo dengan jarak tempuh sekitar dua jam.

Di kota Solo siang hingga sore hari ini direncanakan untuk berkunjung ke masjid Raya Syeikh Zayed dan berziarah ke Astana Bibis Luhur.

Sekitar jam 14.00 WIB, kami tiba di salah satu tempat parkir masjid Raya Syeikh Zayed dan untuk masuk ke lokasi masjid, kami bisa menggunakan ojek atau berjalan kaki. Sebagian rombongan memilih naik ojek dan yang lainnya berjalan kaki.

Masjid Raya Syeikh Zayed ini merupakan hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA), Syeikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo resmi dibangun di kota Solo.

Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pada Sabtu (6/2/2021).

Masjid yang merupakan miniatur Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dibangun di lahan seluas 2,9 hektare bekas Depo Pertamina Gilingan, Banjarsari, Solo.

Selanjutnya Masjid Raya Sheikh Zayed dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin pada hari Selasa (28/02/2023) malam.

Sebelum masuk ke masjid Raya Syeikh Zayed ini, kami harus melalui pemeriksaan ketat oleh petugas keamanan dan selanjutnya kami melaksanakan solat dzuhur berjamaah.

Selesai solat, kami sempatkan untuk melakukan foto bersama di area tengah masjid yang terbuka.

Saya pribadi, merasa sangat beruntung bisa mengunjungi masjid Raya Syeikh Zayed nan megah ini dan sekaligus bisa melaksanakan solat dzuhur di dalam masjid ini.

Alhamdulillah ..

Sekitar setengah jam kami berada di masjid Raya Syeikh Zayed dan selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke Astana Bibis Luhur untuk berziarah ke makam eyang kami RM
Sastro Koesoemo dan istri, mama saya tercinta RAy Hajah Siti Pamijati, om kami RM Soekiyatno dan istri.

Adapun kunjungan ziarah ke Astana Bibis Luhur ini akan saya ceritakan di artikel Cerita Pagi selanjutnya ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :