Seruling Tengah Malam

 


Selamat pagi sobat, 

Kali ini saya menulis sebuah puisi yang peristiwanya bisa saja terjadi pada diri seseorang saat berada dalam sebuah tempat yang baru pertama kali dikunjunginya .. 

Begini puisinya :

Malam semakin larut ..

Udara malam terasa begitu dingin menyengat .. 

Entah kenapa, aku beranikan diri berjalan .. 

Menelusuri jalan yang gelap dan sepi .. 

Menjauh dari tempatku menginap ..

Malam semakin larut .. 

Kulihat di langit rembulan muncul malu malu .. 

Kata orang itu bulan sabit .. 

Sementara sesekali suara jangkrik berbunyi di balik bebatuan .. 

Bersenandung riang di kegelapan malam .. 

Aku masih tetap berjalan .. 

Sesekali diterangi sinar sang bulan ..

Yang menyeruak di sela pepohonan rindang ..

Sesekali menatap kegelapan di sekitarku .. 

Pepohonan rindang dan pematang sawah yang belum tergarap .. 

Malam semakin bertambah larut .. 

Tak terasa waktu sudah di ujung malam jelang dini hari .. 

Langkahku terhenti di bawah sebuah pohon besar dan rindang ..

Dengan akar yang menjuntai ke bawa .. 

Kata orang, itulah yang dislnamakan pohon beringin .. 

Saat itu, sayup sayup aku mendengar .. 

Suara seruling di balik pohon beringin itu .. 

Mengalun lirih di tengah kegelapan malam ..

Seakan memecah hening dan sunyinya malam ..

Jangkrik pun berhenti berbunyi ..

Suara seruling itu terus mengalun .. 

Terdengar syahdu mengalunkan sebuah lagu pilu ..

Aku masil tak bergeming di bawah pohon beringin itu .. 

Entah kenapa, aku masih ingin terus mendengar suara seruling itu .. 

Aku seolah enggan untuk melangkah mundur apalagi maju ..

Suara seruling itu masih terus mengalun .. 

Mendayu dayu seperti mengungkap perasaan jiwa tanpa keraguan ..

Dan mengisyaratkan agar aku tetap berada di tempatku berdiri ..

Duhai penguasa jagad tengah malam .. 

Siapakah gerangan yang meniup seruling itu .. 

Dalam desiran dinginnya angin ..

Dan di tengah sunyi dan gelapnya malam .. 

Duhai penguasa jagad tengah malam .. 

Siapakah gerangan yang meniup seruling itu .. 

Seolah mengajak alam untuk turut  mengalunkan kisah hidup .. 

Dari seorang anak manusia .. 

Aku masih terkesima ..

Hingga perlahan suara seruling itu  menjauh dan kemudian lenyap tak terdengar lagi .. 

Suasana kembali hening dan sunyi .. 

Sementara si jangkrik masih enggan untuk kembali berbunyi ..

Sejenak aku termangu sebelum melangkah kembali ke tempat aku menginap .. 

Inilah kisahku mendengar senandung seruling di tengah malam ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Si Polan Tinggal Di Bekasi

Profesinya Adalah Penjual Roti

Dengan Menulis Sebuah Puisi

Bisa Melegakan Perasaan Hati

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 21 Desember 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024