Wong Idu Geni

 


Selamat pagi sobat, 

Seseorang yang setiap ucapannya selalu dapat terwujud dalam pitutur Jawa disebut sebagai Wong Idu Geni

Pitutur Idu Geni ini mengandung makna bahwa ucapan atau kata kata yang dikeluarkan dari mulut seseorang seperti api yang berdaya bakar luar biasa. 

Ungkapan Wong Idu Geni biasanya disematkan kepada seseorang yang tengah memegang tampuk kekuasaan. Seseorang yang berkuasa itu memiliki power, salah satunya memiliki fasilitas yang tak terbatas, memiliki uang yang banyak, memiliki pengikut yang setia dan fanatik sehingga  setiap ucapannya akan selalu dapat terwujud tanpa ada yang bisa menghalanginya. 

Menjadi sangat berbahaya bila seseorang yang berkuasa itu berbuat untuk memuaskan kepentingannya sendiri atau kepentingan keluarganya atau kepentingan kelompoknya saja maka seseorang itu akan mengeluarkan ucapan atau perintah untuk melakukan apa saja termasuk melanggar aturan sekalipun. Itulah dahsyatnya Wong Idu Geni yang mampu mengucapkan kata kata bak api yang berdaya bakar luar biasa. 

Oleh karena itu, hendaknya seseorang yang tengah berkuasa menjadi Wong Idu Geni yang menggunakan ucapan atau perintahnya untuk kebaikan orang banyak atau orang orang yang dipimpinnya.

Mudah mudahan bermanfaat ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Orang Darah Tinggi Obatnya Amlodipin

Dan Konsumsi Makanan Yang Menyehatkan

Jadilah Seorang Pemimpin

Yang Ucapannya Membawa Kebaikan

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 19 Februari 2024 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024