Perkuliahan Dimulai Di Bulan Ramadhan

 


Selamat pagi sobat, 

Perkuliahan untuk Semester ATA 2023-2024 akan dimulai pada hari Rabu, 13 Maret 2024 yang bertepatan dengan hari kedua ibadah bulan Ramadhan 1445 Hijriyah.

Selama bulan Ramadhan ini, perkuliahan akan berlangsung dalam tiga kali pertemuan hingga tanggal 2 April 2024 dan dilakukan secara luring atau perkuliahan berlangsung di ruang kelas kampus. 

Setelah tanggal 2 April 2024, perkuliahan akan diliburkan sekitar dua minggu dan kembali dimulai pada tanggal 17 April 2024. 

Seperti diketahui bahwa perkuliahan Semester ATA 2023-2024 ini akan berlangsung dalam 14 kali pertemuan yang terbagi dalam 10 kali pertemuan dilaksanakan sebelum pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan 4 kali pertemuan dilaksanakan setelah pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS). 

Adapun metoda pengajaran akan dilakukan yakni 7 kali perkuliahan dilaksanakan secara luring yang terbagi dalam 5 kali pertemuan dilaksanakan sebelum pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan 2 kali pertemuan dilaksanakan setelah pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS). 

Sedangkan metoda pengajaran lainnya yakni 7 kali pertemuan dilaksanakan secara daring yang terbagi dalam 4 kali pertemuan dilaksanakan menggunakan media Google Meet atau Zoom (3 kali pertemuan dilaksanakan sebelum pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan satu kali pertemuan dilaksanakan setelah pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS)) dan 3 kali pertemuan dilaksanakan menggunakan media Virtual Class.

Untuk perkuliahan Semester ATA 2023-2024 ini saya mendapat tugas untuk memberikan mata kuliah Matematika Sistem Informasi 2. 

Pada perkuliahan Semester ATA 2022-2023 atau tahun lalu, pertama kali saya mengajar mata kuliah Matematika Sistem Informasi 2 ini.

Sebenarnya isi dari SAP (Satuan Acara Perkuliahan) atau sekarang disebut RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dari mata kuliah Matematika Sistem Informasi 2 bukanlah barang baru bagi saya karena materi kuliah yang isinya adalah Riset Operasional sudah pernah saya ajarkan dalam nama mata kuliah yang berbeda selama 10 tahun. 

Tentu saja saya sudah mempersiapkan secara detail materi kuliah dan pengajaran di setiap pertemuan selama 14 kali pertemuan.

Terutama saat mengajar 3 kali pertemuan secara luring di bulan Ramadhan maka saya harus punya cara agar bisa membuat mahasiswa tetap semangat mengikuti kuliah meski sedang berpuasa dan saya pun harus lebih menghemat bicara agar tidak menjadi haus, maklumlah usia sudah lansia .. hehehe 

Mudah mudahan saya senantiasa diberikan nikmat sehat oleh Allah Subhannahu Wa Ta'ala sehingga saya dapat melaksanakan kegiatan perkuliahan Semester ATA 2023-2024 dengan lancar. 

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Mbak Ruri Selain Dokter Ahli Bedah

Juga Seorang Pelatih Aerobik

Ketika Kembali Memberikan Kuliah

Siapkanlah Materi Kuliah Dengan Baik 

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 12 Maret 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024