Asian Cup U23 : Jepang Taklukkan Qatar 4-2

 


Sumber gambar : instagram.com/afcasiancup 

Jepang sukses lolos ke babak Seni Final setelah menaklukkan tuan rumah Qatar dengan skor 4-2 dalam laga babak Perempat Final AFC U23 Asian Cup 2024 yang berlangsung di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Qatar pada hari Kamis (25/04/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan normal (2x45 menit), kedua negara bermain imbang 2-2 sehingga pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu (2x15 menit).

Empat gol yang membawa kemenangan Jepang masing masing dicetak oleh Fuki Yamada pada menit ke-2, Seiji Kimura pada menit ke-67, Mao Hosoya pada menit ke-101 dan Kotaro Uchino pada menit ke-112.

Sedangkan dua gol dari Qatar masing masing dicetak oleh Ahmed Al-Rawi pada menit ke-24 dan Jassem Gaber Abdulsallam pada menit ke-49.

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Jepang secara mengejutkan mampu membobol gawang Qatar saat laga baru berjalan dua menit lewat gol yang dicetak oleh Fuki Yamada setelah mampu merebut bola dari bek Qatar sebelum melepaskan tendangan ke arah gawang. 

Jepang unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Qatar langsung merespon dengan tampil lebih menyerang dan terus menekan pertahanan Jepang.

Pada menit 24, Qatar mampu menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Ahmed Al-Rawi setelah menerima umpan silang dari Alyazidi. 

Skor menjadi imbang 1-1.

Qatar semakin percaya diri dengan terus menggempur pertahanan Jepang. 

Celakanya pada menit ke-41, Qatar harus bermain dengan 10 pemain setelah penjaga gawang Yousef Abdulrahman diganjar kartu merah oleh wasit.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih tetap imbang 1-1.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Qatar yang kalah dalam jumlah pemain justru mampu mencetak gol lebih dulu di menit ke-49 lewat gol yang dicetak oleh Jassem Gaber Abdulsallam dengan sundulan kepalanya setelah menyambut umpan dari tendangan bebas M. Tarek.

Qatar berbalik unggul 2-1.

Tertinggal satu gol, Jepang langsung merespon dengan terus menggempur pertahanan Qatar. 

Upaya Jepang berbuah hasil pada menit ke-67 ketika Seiji Kimura berhasil membobol gawang Qatar dengan sundulan kepalanya setelah menyambut umpan dari sepak pojok.

Skor kembali imbang 2-2. 

Setelah gol itu, pertandingan berlangsung masih dalam tempo yang cukup tinggi karena kedua tim masih ngotot untuk mencetak gol kemenangan. 

Namun hingga babak kedua berakhir, skor masih tetap imbang 2-2 dan pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 

Babak Perpanjangan Waktu 

Di babak pertama perpanjangan waktu, Jepang terus menekan pertahanan Qatar yang nampak cukup kewalahan menghadapi gempuran Jepang.p

Pada menit ke-101, Jepang sukses membobol gawang Qatar lewat gol yang dicetak oleh Mao Hosoya dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti setelah mendapat umpan terobosan dari Kuryu Matsuki.

Jepang unggul 3-2 dan skor ini bertahan hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir.

Pada babak kedua perpanjangan waktu, Qatar yang tertinggal satu gol berusaha untuk mengejar ketertinggalannya dengan keluar menyerang. Namun karena kalah dalam jumlah pemain plus stamina yang tampak menurun, Qatar cukup kesulitan untuk mengancam gawang Jepang.

Pada menit ke-112, justru Jepang yang bisa menambah keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Kotaro Uchino setelah menyambar bola rebound  dari tepisan penjaga gawang Qatar. 

Jepang unggul 4-2 dan bertahan hingga babak kedua perpanjangan waktu berakhir.

Susunan pemain 

Qatar (3-5-2) :

Yousef Abdulrahman Baliadeh (GK); Al-Hashmi Al-Hussain, Mohammed Emad Aiash, Abdulla Al-Ali; Abdulla Alyazidi, Jassem Gaber Abdulsallam, Naif Al-Hadhrami, Moustafa Tarek Mashal, Saif Eldeen Hassan; Khalid Ali Sabah, Ahmed Al-Rawi.

Jepang (4-3-2-1) : 

Leo Kokubo (GK); Hiroki Sekine, Kota Takai, Seiji Kimura, Ayumu Ohata; Rihito Yamamoto, Joel Chima Fujita, Fuki Yamada; Kuryu Matsuki, Kein Sato; Mao Hosoya.


Sumber : bola.net


NH 

Depok 26 April 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024