Jelang Pekan Ke-34



Sumber gambar : instagram.com/liga1match

Kompetisi BRI Liga 1 2023-2024 akan memasuki pekan terakhir yakni pekan ke-34 yang mulai digelar pada hari Minggu (28/04/2024).

Selama tiga hari, pekan ke-34 kompetisi BRI Liga 1 2023-2024 akan menggelar 9 pertandingan.

Pertandingan di pekan ke-34 ini akan menjadi penentu nasib dari klub klub yang masih berpeluang lolos ke babak Championship Series yang tinggal menyisakan satu tempat lagi (peringkat 4 klasemen). 

Tiga klub sudah lebih dulu memastikan lolos ke babak Championship Series yaitu Borneo FC, Persib Bandung dan Bali United 

Pertandingan di pekan ke-34 ini juga akan menjadi penentu klub yang bakal menempati peringkat 16 klasemen yang otomatis akan terdegradasi ke Liga 2 menyusul Bhayangkara Presisi Indonesia FC (peringkat 17 klasemen) dan Persikabo 1973 (peringkat 18 klasemen). 

Tiga klub masih berpeluang lolos ke babak Championship Series yaitu Madura United (peringkat 4 - 54 poin), PSIS Semarang (peringkat 5 - 53 poin) dan Dewa United (peringkat 6 - 51 poin). 

Dari ketiga klub tersebut di atas, Madura United yang memiliki peluang lebih besar karena di laga pekan ke-34 akan bertindak sebagai tuan rumah melawan Arema FC. Madura United akan lolos ke babak Championship Series bila mampu mengalahkan Arema FC. Namun bila hanya bermain imbang dari Arema FC maka posisi dari Madura United akan terancam digusur oleh PSIS Semarang.

Sementara PSIS Semarang di laga pekan ke-34 ini akan menghadapi lawan berat yakni tuan rumah Persija Jakarta. Butuh kerja keras untuk bisa mengalahkan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta yang bakal dipenuhi puluhan ribu suporter The JakMania. 

Sedangkan Dewa United di pekan ke-34 ini akan menjamu Borneo FC. Peluang meraih kemenangan cukup terbuka mengingat Borneo FC tengah berada dalam grafik menurun (3 kali kalah secara beruntun di 3 laga terakhir). 

Semua kemungkinan bisa saja terjadi namun yang menarik, bila Madura United kalah dari Arema FC, PSIS Semarang bermain imbang dengan Persija Jakarta dan Dewa United menang atas Borneo FC maka ketiga klub tersebut akan memiliki jumlah poin yang sama yakni 54 poin. 

Klub yang berhak menempati peringkat 4 klasemen selanjutnya dilihat secara head to head dari ketiga klub tersebut.

Madura United unggul head to head dengan PSIS Semarang. Kemudian Dewa United unggul head to head dengan Madura United dan PSIS Semarang unggul head to head dengan Dewa United.

Sementara di sisilain, klub klub yang akan berjibaku menghindar dari jerat degradasi adalah Arema FC (peringkat 13 - 37 poin), PSS Sleman (peringkat 14 - 36 poin), Persita Tangerang (peringkat 15 - 36 poin) dan RANS Nusantara FC (peringkat 16 - 35 poin).

Keempat klub tersebut di atas bakal menghadapi lawan berat di pekan ke-34 ini. Arema FC akan melawan tuan rumah Madura United, PSS Sleman akan menjamu Persib Bandung, Persita Tangerang akan menjamu Bali United dan RANS Nusantara FC akan melawan tuan rumah PSM Makassar.

Segala kemungkinan bisa saja terjadi dan oleh karena itu mau tak mau keempat klub tersebut harus bisa meraih poin penuh di laga pamungkas ini meskipun bagi RANS Nusantara FC bisa meraih kemenangan pun belum pasti juga lolos dari jerat degradasi.

Klub mana yang nantinya sukses lolos ke babak Championship Series dan klub mana yang akhirnya harus terdegradasi ke Liga 2 ?

Mari kita saksikan bersama ..

 

Salam sehat .. 


NH 

Depok, 28 April 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024