Asian Cup U23 : Irak Tundukkan Indonesia 2-1

 


Sumber gambar : instagram.com/afcasiancup 

Irak berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor tipis 2-1 dalam laga Perebutan Peringkat Ketiga AFC U23 Asian Cup 2024 yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada hari Kamis (02/05/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan normal (2x45 menit), kedua negara bermain imbang 1-1 sehingga pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu (2x15 menit).

Dua gol yang membawa kemenangan Irak masing masing dicetak oleh Zaid Tahseen pada menit ke-27 dan Ali Jasim pada menit ke-96.

Indonesia sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Ivar Jenner pada menit ke-19.

Kemenangan atas Indonesia ini juga memastikan Irak tampil di Olimpiade Paris 2024.

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Irak langsung tampil menyerang dengan agresif dan berupaya mengendalikan permainan sejak menit-menit awal. 

Pada menit ke-6, Irak memperoleh peluang lewat tendangan Muntadher. Namun bola mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Ernando Ari. 

Setelah itu, Indonesia mulai bisa keluar dari tekanan dan melancarkan serangan ke pertahanan Irak. 

Pada menit ke-8, Indonesia mendapat peluang lewat tendangan jarak jauh dilepaskan Marselino Ferdinan. Namun bola masih melenceng tipis di samping gawang Irak. 

Pada menit ke-13, giliran Justin Hubner mendapat peluang dengan sundulan kepalanya menyambut bola dari lemparan ke dalam Pratama Arhan. Namun bola masih bisa ditangkap penjaga gawang Hussein Hasan.

Pada menit ke-19, Indonesia sukses unggul lebih dulu lewat skema sepak pojok. Bola jatuh di depan gawang Irak dan lansung disambar Ivar Jenner yang membuat bola meluncur masuk ke gawang Irak. 

Indonesia unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Irak langsung merespon dengan melancarkan serangan lebih agresif ke pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-21, Irak mendapat peluang lewat tendangan jarak jauh Ali Jasim. Beruntung bola masih  bisa ditepis penjaga gawang Ernando. 

Pada menit ke-27, Irak sukses menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Tahseen yang menyambar bola liat dalam situasi kemelut di depan gawang Indonesia.

Skor menjadi imbang 1-1. 

Irak semakin gencar menyerang dan menekan pertahanan Indinesia. 

Pada menit ke-36, Irak mendapat peluang lewat sundulan Nihad Mohammed. Namun bola masih melebar di samping gawang Indonesia.

Pada menit ke-39, Irak kembali mendapat peluang lewat sundulan Ali Jasim. Namun bola masih bisa ditangkap penjaga gawang Ernando Ari.

Tensi permainan nampak sedikit menurun di menit-menit akhir dan tamahan waktu babak pertama.

Skor masih tetap imbang 1-1 hingga babak pertama berakhir. 

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, baik Irak maupun Indonesia berusaha meningkatkan intensitas serangan sejak menit-menit awal. Jual beli serangan terjadi dalam tempo yang cukup tinggi. 

Pada menit ke-55, Indonesia mendapat peluang lewat tendangan Marselino Ferdinan. Namun bola masih melambung di atas mistar gawang Irak.

Irak balas mengancam gawang Indonesia di menit ke-56 lewat tendangan jarak jauh Ali Jasim. Namun bola masih melebar dari gawang Indonesia. 

Pada menit ke-73, Indonesia memperoleh peluang lewat tendangan voli Jeam Kelly Sroye. Namun bola masih melayang di atas mistar gawang Irak.

Pada menit ke-76, kenekatan penjaga gawang Ernando Ari nyaris berbuah gol bagi Irak. Beruntung  Nathan Tjoe-A-On sukses menyapu bola tepat di garis gawang Indonesia.

Pada menit ke-85, Indonesia mendapat peluang ketika umpan tarik Rafael Struick, bola bisa disontek Witan Sulaeman. Sayangnya bola masih bisa diamankan penjaga gawang Hussein Hasan.

Pada menit ke-90, penyelamatan gemilang dilakukan penjaga gawang Ernando Ari saat sukses menepis bola dari tendangan Ali Jasim. 

Skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga babak kedua berakhir dan pertandingan harus dilanjutkan k ite babak perpanjangan waktu 2x15 menit..

Babak Perpanjangan Waktu

Di babak pertama perpanjangan waktu, Irak bermain lebih menyerang dan terus menekan pertahanan Indonesia. 

Pada menit ke-96, Irak sukses membalikkan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Ali Jasim. Berawal bola umpan lambung dari lini belakang jatuh di pertahanan Indonesia dan dapat dikuasai Ali Jasim yang kemudian mampu menaklukkan penjaga gawang  Ernando Ari.

Irak berbalik unggul 2-1.

Tertinggal satu gol, Indonesia berusaha membalas dengan cepat. Sayangnya bola dari sundulan Komang Teguh di menit ke-98 masih melambung tipis di atas mistar gawang Irak.

Pada menit ke-104, Irak nyaris memperbesar keunggulan lewat tendangan Ali Jasim. Beruntung bola masih melenceng dari gawang Indonesia. 

Babak pertama perpanjangan waktu berakhir, skor masih tetap 2-1 untuk keunggulan Irak. 

Memasuki babak kedua perpanjangan waktu, Irak masih mendominasi permainan. Indonesia dengan tenaga yang tersisa terus berusaha untuk melancarkan serangan balik.

Jual beli serangan berlanjut namun dalam tempo yang semakin menurun akibat kelelahan yang dialami oleh para pemain dari kedua tim.

Skor 2-1 untuk keunggulan Irak tetap bertahan hingga babak kedua perpanjangan waktu berakhir.

Susunan pemain 

Irak (3-4-3) :

Hussein Hasan (GK); Mustafa Saadoon, Zaid Tahseen, Josef Al-Imam, Ahmed Hasan; Nihad Mohammed, Karrar Mohammed (Zaid Ismael 90’), Muntadher Mohammed (Karrar Saad 112’), Ali Jasim (Halo Faiq 113’); Ridha Fadhil (Amin Al-Hamawi 90’) (Hussein Amer 105’), Blnd Azad (Muntadher Abdulameer 67’).

Indonesia (3-4-3) : 

Ernando Ari Sutaryadi (GK); Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On; Ilham Rio Fahmi (Fajar Fathur Rahman 79’), Ivar Jenner (Ikhsan Nul Zikrak 117’), Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Witan Sulaeman (Ramadhan Sananta 96’), Rafael Struick, Jeam Kelly Sroyer (Komang Teguh 79’).

Sumber : okezone.com 


NH 

Depok, 2 Mei 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024