Asian Cup U23 : Tundukkan Uzbekistan 1-0, Jepang Tampil Sebagai Juara

 


Sumber gambar : instagram.com/afcasiancup 

Jepang sukses menjadi Juara setelah mengalahkan Uzbekistan dengan skor tipis 1-0 dalam laga Final AFC U23 Asian Cup 2024 yang berlangsung di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Qatar pada hari Jum'at (03/05/2024) malam WIB.

Satu satunya gol yang membawa kemenangan Jepang dicetak oleh Fuki Yamada pada menit injury time (90+1).

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Uzbekistan langsung tampil menyerang lebih dulu dan terus menekan pertahanan Jepang.

Uzbekistan menebar ancaman ke gawang Jepang pada menit ke-8 lewat tendangan keras Husain Norchaev. Namun bola masih meluncur di samping kiri gawang Jepang.

Empat menit berselang ancaman kembali diberikan Uzbekistan ke gawang Jepang. Kali ini lewat tendangan Jasurbek Jaloliddinov. Namun bola masih bisa diamankan penjaga gawang Leo Kokubo.

Jepang terus dalam tekanan Uzbekistan yang masih mampu menguasai permainan hingga pertengahan babak pertama.

Jepang baru mendapatkan peluang pada menit ke-28 lewat tendangan Kein Sato dari luar kotak penalti. Namun bola masih meluncur di samping kiri gawang Uzbekistan.

Uzbekistan masih terus tampil dominan meski mendapat perlawanan sengit dari Jepang. Namun demikian, Uzbekistan nampak masih kesulitan untuk bisa membobol gawang Jepang.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih tetap imbang 0-0.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Jepang langsung mengambil inisiatif serangan lebih dulu. 

Dua peluang beruntun diperoleh Jepang pada menit ke-48 lewat tendangan Kuryu Matsuki dan Joel Fujita. Namun kedua peluang tersebut masih belum membuahkan gol.

Situasi itu tidak berlangsung lama karena Uzbekistan bisa kembali mengendalikan permainan. 

Pada menit ke-68, Uzbekistan mendapat peluang lewat sundulan Muhammadqodir Hamraliev. Namun bola masih meluncur tipis di samping kanan gawang Jepang.

Pertandingan kedua tim masih terus berjalan ketat. Tidak ada peluang berbahaya yang bisa diciptakan oleh kedua tim hingga mendekati 10 menit berakhirnya babak kedua.

Uzbekistan yang lebih menguasai permainan justru dikejutkan oleh Jepang pada menit injury time (90+1) ketika bola dari tendangan pemain pengganti, Fuki Yamada setelah mendapat umpan dari Ryotaro Araki, sukses membobol gawang Uzbekistan.

Jepang unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Uzbekistan langsung merespon dengan melancarkan tekanan ke pertahanan Jepang. 

Hasilnya pada menit injury time (90+7), Uzbekistan mendapat hadiah penalti dari wasit.

Penalti diberikan oleh wasit Mooud Bonyadifard setelah bek kanan Jepang, Hiroki Sekine dianggap melakukan handball  saat melakukan duel udara setelah dilihat ulang melalui Video Assistant Referee (VAR).

Umarali Rahmonaliyev yang bertindak sebagai eksekutor penalti gagal membobol gawang Jepang karena bola dari tendangannya mampu ditepis oleh penjaga gawang Leo Kokubo.

Setelah itu, Uzbekistan terus berupaya untuk bisa mencetak gol penyeimbang. Namun gol tersebut tak kunjung tiba hingga babak kedua berakhir dan Jepang pun bisa mempertahankan keunggulan 1-0 untuk meraih gelar Juara AFC U23 Asian Cup 2024.

Selamat buat tim Samurai Muda !

Susunan pemain 

Jepang (4-2-3-1) :

Leo Kokubo (GK); Hiroki Sekine, Kita Takai, Seiji Kimura, Ayunu Ohata; Rihito Yamamoto, Joel Chima Fujita; Fujio, Kuryu Matsuki, Kein Sato; Mao Hosoya.

Uzbekistan (4-2-3-1) : 

Nematov (GK); Mirsaidov, Hamraliev, Davronov, Yuldoshev; Boriyev, Holmatov; Jiyanov, Jaloliddinov, Odilov; Norchaev.


Sumber : cnnindonesia.com 


NH 

Depok, 3 Mei 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024