Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

 


Selamat pagi sobat,  

Tak terasa pada tanggal 6 Mei 2024 tiga hari yang lalu, saya telah menerbitkan buku yang ke-93 dan menjadi buku keenam yang saya terbitkan di tahun 2024 ini. 

Sebagai kilas balik, buku pertama saya diterbitkan oleh penerbit YPTD (Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan) pada tanggal 22 Agustus 2020. Setelah buku pertama yang berjudul "Anak Kolong Yang Gemar Menulis", selanjutnya hingga akhir tahun 2020, saya dapat menerbitkan sebanyak 9 buku lagi. 



Buku Pertama - Dokumen pribadi

Saya mulai menikmati pekerjaan saya sebagai penulis buku disamping masih tetap beraktivitas sebagai seorang Dosen di Perguruan Tinggi Swasta.

Selanjutnya di sepanjang tahun 2021, saya dapat menerbitkan sebanyak 22 buku. Hal ini berarti jumlah buku yang saya terbitkan meningkat bila dibandingkan pada tahun 2020.

Kemudian di tahun 2022, produktivitas saya dalam menerbitkan buku semakin meningkat karena saya mampu menerbitkan sebanyak 29 buku.

Untuk diketahui di awal tahun 2022, saya membuat resolusi dalam kaitan menerbitkan buku bahwa pada bulan Januari 2023, bertepatan dengan ulang tahun saya yang ke-62, saya akan menerbitkan buku yang ke-62

Syukur alhamdulillah, resolusi saya di tahun 2022 ini menjadi kenyataan karena saya dapat menerbitkan buku yang ke-62



Buku Ke-62 - Dokumen pribadi

Kemudian di awal tahun 2023, saya kembali membuat resolusi dalam kaitan menerbitkan buku bahwa pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di tanggal 17 Agustus 2023, saya akan menerbitkan buku yang ke-78

Alhamdulillah, Allah Subhannahu Wa Ta'ala kembali meridhoi apa yang menjadi resolusi saya di awal tahun 2023 karena pada tanggal 17 Agustus 2023 saya dapat menerbitkan buku yang ke-78. 



Buku Ke-78 - Dokumen pribadi

Selanjutnya bertepatan dengan tiga tahun saya mulai menerbitkan buku (22 Agustus 2020), saya dapat menerbitkan buku yang ke-80. Buku yang berjudul "Mimpi Seorang Penulis Tua" ini menjadi buku spesial bagi saya karena buku ini merupakan buku pertama yang isinya memuat kumpulan dari 40 puisi yang saya buat selama 40 hari tanpa jeda dalam program KMAC (Karena Menulis Aku Ceria) yang diselenggarakan oleh penerbit YPTD.



Buku Ke-80 - Dokumen pribadi

Selama tahun 2023 ini saya dapat menerbitkan sebanyak 26 buku. Bila dibandingkan dengan tahun 2022, pencapaian dalam menerbitkan buku di tahun 2023 ini lebih sedikit.

Bila pada tahun 2022, ada tiga bulan dimana saya tidak menerbitkan buku yakni pada bulan Januari dan bulan Februari (Saya berada di kota Surabaya) serta pada bulan September. Sedangkan pada tahun 2023 hanya ada satu bulan saja dimana saya tidak menerbitkan buku yaitu pada bulan Juli.

Seperti dua tahun sebelumnya, di awal tahun 2024 ini saya juga kembali membuat resolusi dalam kaitan menerbitkan buku bahwa di tahun 2024 ini saya akan menerbitkan buku yang ke-100. 

Hingga bulan Mei 2024 ini saya sudah menerbitkan 93 buku dan ini berarti saya hanya membutuhkan 7 buku lagi agar resolusi saya dapat diwujudkan.

Insya Allah ..

Tentu saja saya harus tetap optimis untuk bisa menerbitkan 7 buku lagi dan hal ini memotivasi diri saya untuk terus menulis dan menulis kemudian menyatukan tulisan tulisan itu menjadi sebuah buku. 

Kilas balik ini bukan saja sekadar untuk mengenang namun juga mengingatkan dan sekaligus memotivasi diri saya untuk lebih produktif lagi dalam menulis dan menerbitkan buku.

Kata orang bijak, muara dari tulisan adalah sebuah buku yang menjadi bukti dari sebuah peradaban ..

Semoga Allah Subhannahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan nikmat sehat kepada diri saya agar bisa tetap beraktivitas menulis dan terus menulis .. 

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Bang Edo Kerjanya Di Pelabuhan

Bersama Kawannya Bernama Hanum

Jadikanlah Menulis Sebagai Kebutuhan

Seperti Halnya Kebutuhan Makan Dan Minum

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 9 Mei 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024