Indonesia Juara !

 


Selamat pagi sobat, 

Semalam saya menyaksikan pertandingan sepakbola babak Final ASEAN U19 Boys' Championship 2024 (sebelumnya disebut AFF Cup U19) secara live di Indosiar TV antara Thailand melawan Indonesia. 

Pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya berakhir untuk kemenangan timnas Indonesia U19 (Indonesia) dengan skor tipis 1-0. 

Perjuangan Garuda Muda untuk mempertahankan keunggulan selama lebih dari 75 menit sungguh luar biasa. 

Semangat pantang menyerah untuk meraih gelar Juara patut diapresiasi terutam keberhasilan nereka meredam gempuran dari Thailand yang terus menerus. 

Harus diakui, Thailand lebih unggul dalam penguasaan bola. Thailand mampu memperagakan ball position  yang apik dan tidak tergesa gesa untuk melancarkan serangan ke pertahanan Indonesia. Thailand juga mampu menciptakan banyak peluang berbahaya, dua diantaranya bola masih membentur tiang gawang Indonesia. 

Sementara Indonesia hanya mampu menciptakan satu peluang on target di menit ke-18 namun mampu membobol gawang Thailand lewat aksi pemain naturalusasi Jens Raven

Pendukung Indonesia, baik yang hadir langsung di Stadion maupun yang menyaksikan di layar kaca dibuat tegang dan sport jantung ketika Thailand mampu memperoleh peluang berbahaya di depan gawang Indonesia. Syukurlah hingga babak kedua berakhir, Thailand tetap gagal menyamakan kedudukan.

Indonesia pun tampil sebagai Juara !

Perjalanan Indonesia hingga mencapai babak Final diawali dengan sukses meraih nilai sempurna 9 poin dengan tiga kemenangan melawan Filipina (6-0), Kamboja (2-0) dan Timor Leste (6-2). Kemudian di babak Semi Final, Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor tipis 1-0. 

Dengan demikian, Indonesia keluar sebagai Juara ASEAN U19 Boys' Championship 2024 dengan meraih lima kemenangan beruntun.

Tampilnya Indonesia sebagai Juara di turnamen ASEAN U19 Boys' Championship 2024 semakin lengkap dengan terpilihnya Ikram Al Gifari sebagai penjaga gawang terbaik dan sang kapten Donny Tri Pamungkas sebagai pemain terbaik di turnamen ini. 

Kaitan dengan Donny Tri Pamungkas, saya pernah membuat artikel tertanggal 5 Oktober 2021 di rubrik Ngeteh Morning pada website YPTD : terbitkanbukugraris.id ketika Donny melakukan debut bersama Persija Jakarta saat masih berusia 16 tahun 8 bulan di kompetisi Liga 1 2021-2022.

Selain itu, kemenangan Indonesia atas Thailand di babak Final ASEAN U19 Boys' Championship 2024 ini menjadi sukses berikutnya bagi pelatih Indra Sjafri. Sebelumnya Indra Sjafri sukses membawa Indonesia keluar sebagai Juara Piala AFF U19 tahun 2013, Juara Piala AFF U22 tahun 2019 dan Juara SEA GAMES (U23) tahun 2023.

Menariknya, Indra Sjafri membawa Indonesia dua kali sebagai Juara kelompok umur U19 ketika turnamen ini digelar di Jawa Timur yakni tahun 2013 di Gelora Delta Sidoarjo dan tahun 2024 di Gelora Bung Tomo Surabaya. 

Sukses dan selamat untuk timnas Indonesia U19 ..

Selamat buat Ikram dan Donny ..

Garuda Muda terbanglah lebih tinggi ..

Raih keberhasilan berikutnya !





                   instagram.com/pssi

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Mbak Maya Jadi Suka Marah Marah

Karena Lagi Putus Asmara

Tampil Gigih Dan Pantang Menyerah

Indonesia Keluar Sebagai Juara

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 29 Juli 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024