Kenangan Jadi IRUP Pada Upacara Bendera Peringatan HUT RI

Sumber foto : Dokumen pribadi

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik tentang  Kenangan Jadi IRUP Pada Upacara Bendera Peringatan HUT RI.

Hari ini, Selasa 17 Agustus 2021 bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia. Pelaksanaan peringatan HUT RI yang biasanya dilakukan oleh masyarakat di lingkungannya dengan upacara bendera yang menghadirkan banyak orang namun di masa pandemi COVID-19 dilakukan secara terbatas atau malah tidak diadakan sama sekali.

Peringatan HUT RI di Perumahan saya untuk tahun ini memang sama sekali ditiadakan. Di tahun 2020, walaupun dalam suasana pandemi COVID-19 namun upacara bendera peringatan HUT RI di Perumahan saya masih dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan bahkan di malam harinya juga masih dilakukan syukuran dengan  makan malam bersama.

Kaitan dengan peringatan HUT RI ini, saya mempunyai kenangan tersendiri yang tidak akan saya lupakan. Pada tahun 2011 dan tahun 2012, upacara bendera peringatan HUT RI ke-66 dan HUT RI ke-67 di Perumahan saya saat itu saya bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP). Di tahun 2011, saya menjabat sebagai Wakil Ketua RW dan bertindak sebagai IRUP pada upacara bendera peringatan HUT ke-66 RI menggantikan Ketua RW yang harus mengikuti upacara bendera di kantornya. Ketua RW saya waktu itu adalah seorang perwira menengah TNI-AL. Kemudian di tahun 2012, saat itu saya menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua RW karena Ketua RW saya tengah bertugas di Padang selama tahun 2012. Oleh karena itu, sebagai Plt Ketua RW, saya bertindak sebagai IRUP dalam upacara bendera peringatan HUT Ke-67 RI.

Upacara peringatan HUT RI selama dua tahun tersebut berlangsung dengan tata cara militer. Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kepala KAMTIB Sersan Mayor TNI-AD Suryana dengan seragam militer (Pangkat terakhir bapak Suryana adalah Peltu TNI-AD). Sedangkan peserta upacara yang terdiri dari Satuan Keamanan (Satpam) dan Petugas Sarana dan Kebersihan (Sarsih) dan Petugas Administrasi menggunakan seragam kerja kemudian warga Perumahan menggunakan seragam Organisasi atau baju bebas rapi.

Sebagai IRUP di upacara bendera peringatan HUT RI di tahun 2011 dan 2012 tersebut, saya menggunakan seragam loreng organisasi FKPPI.

Yang menarik, dua tahun berurutan saya bertindak sebagai IRUP pada upacara bendera peringatan HUT RI dalam suasana bulan Ramadan namun upacara bendera yang dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB tetap berlangsung dengan khidmat, tertib dan lancar.

Sedangkan di tahun 2013, upacara bendera peringatan HUT ke-68 RI tidak lagi dalam suasana bulan Ramadan dan dipimpin langsung oleh Ketua RW Perumahan saya yang sudah kembali dari tugasnya di Padang, yaitu Letkol TNI-AL Djoko Sumartojo.

Tahun 2013 merupakan tahun terakhir pak Djoko dan saya sebagai Pengurus RW Periode 2010-2013 di Perumahan saya.

Itulah sepenggal kenangan saat saya menjadi IRUP pada upacara bendera peringatan HUT RI di Perumahan saya.

Sebagai catatan bahwa Komandan Upacara pada Upacara bendera peringatan HUT RI di Perumahan saya pada tahun 2011, tahun 2012 dan tahun 2013 yaitu bapak Peltu TNI-AD Suryana telah meninggal dunia di tahun 2020 karena sakit .. Al Fatihah untuk pak Suryana ..

Dirgahayu Negeriku Tercinta ..

Sumber foto : Dokumen pribadi

Saya sudahi tulisan ini dengan sebuah pantun :

Pergi Berlibur Ke Medan Naik Air Asia

Pakai Sepatu Kets Mereknya Bata

Hari Ini Kita Peringati HUT Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia

Dirgahayu Negeriku Tercinta

Sobat, saatnya saya undur diri ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH
Depok, 17 Agustus 2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024