Persija Bungkam PSM 4-2



Sumber gambar : instagram.com/liga1match

Persija Jakarta berhasil menaklukkan PSM Makassar dengan skor telak 4-2 dalam laga pekan ke-20 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada hari Rabu (25/01/2023) sore WIB. 

Empat gol yang membawa kemenangan klub berjuluk Macan Kemayoran ini masing masing dicetak oleh Abdulla Yusuf Helal pada menit ke-21 dan menit ke-81 serta Aji Kusuma pada menit ke-36 dan menit ke-54.

Sedangkan dua gol dari PSM Makassar masing masing dicetak oleh Everton Nascimento pada menit ke-68 dan Rasyid Bakri pada menit injury time (90+1).

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Persija Jakarta selaku tuan rumah dengan dukungan puluhan ribu suporter The JakMania langsung tampil menyerang dan menekan pertahanan PSM Makassar 

Klub berjuluk Macan Kemayoran itu mendapatkan peluang pertama pada menit kedua melalui tendangan keras Abdulla Yusuf Helal. Sayangnya, bola tepat mengarah ke pelukan penjaga gawang Reza Arya.

Sementara PSM Makassar langsung bisa keluar dari tekanan dan memperoleh peluang pada menit ke-4 lewat tendangan Akbar Tanjung namun bola masih melambung di atas gawang Persija Jakarta.

Pada menit ke-7, klub berjuluk Juku Eja itu kembali mendapat peluang melalui tendangan bebas dari Wiljan Pluim namun bola masih belum mengarah tepat ke gawang Persija Jakarta 

Pada menit ke-17, giliran Persija Jakarta mengancam gawang PSM Makassar saat Riko Simanjuntak lolos dari kawalan bek PSM Makassar. Namun, kontrol bola yang kurang baik membuat Riko kehilangan momentum untuk bisa melepaskan tendangan je arah gawang PSM Makassar.

Pada menit ke-21, upaya Persija Jakarta untuk mencetak gol pembuka berbuah hasil melalui Abdulla Yusuf Helal, setelah memanfaatkan umpan silang dari Riko Simanjuntak.

Persija Jakarta unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, PSM Makassar bermain lebih menyerang dan terus menekan pertahanan Persija Jakarta.

Pada menit ke-29, PSM Makassar nyaris menyamakan kedudukan. Sayangnya, bola dari tendangan Agung Mannan masih membentur mistar gawang Persija Jakarta. 

Terus menekan justru PSM Makassar kebobolan lagi pada menit ke-36. Si kancil Riko Simanjuntak kembali menjadi faktor penentu dari gol kedua Persija Jakarta setelah memberikan umpan terobosan kepada Aji Kusuma. 

Pemain anyar Persija Jakarta itu langsung berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Reza Arya dan mampu mengecohnya kemudian sambil menjatuhkan diri, Aji menyepak bola masuk ke gawang PSM Makassar. 

Persija Jakarta unggul 2-0.

Tertinggal dua gol, PSM Makassar terus tampil ngotot untuk bisa mencetak gol balasan. Melalui Everton Nascimento, Yakob Sayuri dan Wiljan Pluim, PSM Makassar terus mengancam gawang Persija Jakarta. Namun tak satu pun peluang yang bisa berbuah gol.

Hingga babak pertama berakhir,  PSM Makassar masih belum mampu mencetak gol sehingga Persija Jakarta tetap unggul 2-0.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, tim tamu PSM Makassar langsung tampil menyerang dan menekan pertahanan Persija Jakarta.

PSM Makassar mendapat peluang pada menit ke-47 lewat sundulan Yuran Fernandes. Sayangnya bola masih melambung di atas gawang Persija Jakarta. 

Terus menekan, lagi lagi PSM Makassar kecolongan ketika Persija Jakarta mampu mencetak gol lagi di menit ke-54 lewat tendangan Aji Kusuma. Umpan terobosan dari Muhammad Ferarri, diterima oleh Ani Kusuma dan kembali mampu melewati penjaga gawang Reza Arya dan dengan mudah meneruskan bola masuk ke gawang PSM Makassar.  

Aji Kusuma diganjar kartu kuning oleh wasit karena melakukan selebrasi dengan melepas kaosnya.

Persija Jakarta unggul 3-0. 

Tertinggal tiga gol, pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memasukkan tiga pemain, salah satunya striker timnas Indonesia Ramadhan Sananta. 

Sementara pelatih Persija Jakarta Thomas Doll memasukkan Rio Fahmi dan Ginanjar Wahyu untuk menggantikan Alfriyanto Nico dan Aji Kusuma. 

Masuknya Ramadhan Sananta membuat lini depan PSM Makassar lebih garang sehingga PSM Makassar terus menggempur pertahanan Persija Jakarta.

Persija Jakarta kembali memasukkan Syahrian Abimanyu menggantikan Riko Simanjuntak.

Pada menit ke-68, PSM Makassar akhirnya bisa menjebol gawang Persija Jakarta lewat tendangan backhill Everton Nascimento setelah menerima umpan silang dari Ramadhan Sananta. 

Skor berubah menjadi 3-1 masih untuk keunggulan Persija Jakarta. 

Berhasil mencetak gol, PSM Makassar semakin ngotot untuk kembali dapat mencetak gol dan terus menekan pertahanan Persija Jakarta.

Namyn pada menit ke-81, justru Persija Jakarta yang berhasil memperbesar keunggulan lewat gol yang kembali dicetak oleh Abdulla Yusuf Helal setelah menerima umpan tendangan bebas Syahrian Abimanyu.

Persija Jakarta unggul 4-1. 

PSM Makassar tak mengendurkan serangan meski sudah tertinggal tiga gol. Pada menit injury time (90+1), PSM Makassar bisa memperkecil kekalahan lewat gol yang dicetak oleh Rasyid Bakri setelah mampu menyambar bola rebound yang terlepas dari tangkapan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa.

Skor berubah menjadi 4-2 masih untuk kemenangan tuan rumah Persija Jakarta dan skor ini tetap bertahan hingga babak kedua berakhir.





Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 25 Januari 2023

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024