Persija Taklukkan Persikabo 1973 1-0

 


Sumber gambar : instagram.com/liga1match

Persija Jakarta berhasil menaklukkan Persikabo 1973 dengan skor tipis 1-0 dalam laga pekan ke-21 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada hari Minggu (29/01/2023) sore WIB. 

Satu satunya gol yang membawa kemenangan klub berjuluk Macan Kemayoran ini dicetak oleh Abdulla Yusuf Helal pada menit ke-62 melalui tendangan penalti.

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara Persija Jakarta melawan Persikabo 1973 : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Persija Jakarta langsung tampil menyerang dengan agresif ke pertahanan Persikabo 1973. 

Pada menit ke-3, klub berjuluk Macan Kemayoran itu memperoleh peluang lewat sundulan Abdulla Yusuf Helal setelah menerima umpan akurat Syahrian Abimanyu dari sepak pojok. Sayangnya, bola masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Persikabo, Syahrul Trisna.

Tim tamu Persikabo 1973 langsung merespon pada menit ke-6 dengan menebar ancaman ke gawang Persija Jakarta melalui sundulan Pedro Henrique setelah menerima umpan dari Bruno Dyball. Namun bola masih lemah dan bisa diamankan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa.

Pada menit ke-9, Persija Jakarta kembali mendapatkan peluang emas lewat sundulan Abdulla Yusuf Helal setelah menerima umpan lambung dari Riko Simanjuntak. Sayangnya, bola masih membentur mistar gawang Persikabo 1973.

Klub berjuluk Macan Kemayoran itu terus menggempur pertahanan Persikabo 1973 sehingga memaksa klub berjuluk Laskar Pajajaran itu bermain lebih bertahan. 

Pada menit ke-21, Riko Simanjuntak melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola masih menyamping di sisi kiri gawang Persikabo 1973.

Pada menit ke-26, Aji Kusuma melakukan tendangan keras sambil berbalik badan dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola masih bisa diblok oleh bek Persikabo 1973 dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pada menit ke-31, pemain pilar Persija Jakarta Syahrian Abimanyu ditarik keluar karena cedera hamstring dan digantikan oleh Hanno Behrens.

Pada menit ke-36, pemain timnas Bahrain Abdulla Yusuf Helal kembali memperoleh peluang untuk mencetak gol. Namun, bola dari tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis dengan gemilang oleh penjaga gawang Syahrul Trisna. 

Di menit menit akhir babak pertama, Persikabo 1973 mulai bisa keluar dari tekanan dan mengancam gawang Persija Jakarta lewat dua strikernya, Pedro Henrique dan Silvio Junior. Namun kedua peluang tersebut gagal membuahkan gol bagi Persikabo 1973.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih tetap imbang 0-0.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Persikabo 1973 lebih dulu melancarkan serangan ke pertahanan Persija Jakarta. Pada menit ke-48, Pedro Henrique mengancam gawang Persija Jakarta. Namun, bola masih bisa diamankan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa. 

Pada menit ke-54, Persija Jakarta memasukkan tiga pemain sekaligus yakni striker Michael Krmencik, Alfriyanto Nico dan Donny Tri Pamungkas.

Masuknya ketiga pemain itu membuat Persikabo 1973 hanya mampu mendominasi permainan selama sepuluh menit dan kembali mendapat tekanan dari Persija Jakarta. 

Klub berjuluk Macan Kemayoran itu akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-62 ketika Abdulla Yusuf Helal berhasil menjebol gawang Persikabo 1973 dari titik putih. 

Hadiah penalti diberikan wasit setelah Riko Simanjuntak dilanggar Lucky Oktavianto di dalam kotak penalti pada menit ke-60. 

Lucky Oktavianto juga diganjar kartu kuning oleh wasit.

 Persija Jakarta unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Persikabo 1973 langsung merespon dengan tampil lebih menyerang ke pertahanan Persija Jakarta. 

Pada menit ke-68, Bruno Dybal berhasil melepaskan tendangan keras ke arah gawang Persija Jakarta. Namun, bola masih bisa ditepis penjaga gawang Andritany Ardhiyasa.

Kemudian pada menit ke-69, Ali Koroy yang baru masuk juga berhasil melepaskan tendangan ke arah gawang Persuja Jakarta. Namun bola dari tendangannya masih melenceng tipis di samping gawang Persija Jakarta. 

Pada menit ke-73, Persija Jakarta nyaris memperbesar keunggulan ketika bola dari tendangan Hanno Behrens masih membentur mistar gawang Persikabo 1973. Sayangnya, bola rebound  juga gagal dimanfaatkan oleh Donny Tri Pamungkas.

Pada menit ke-78, Persija Jakarta kembali mendapatkan peluang emas lewat Michael Krmencik di dalam kotak penalti setelah mendapat umpan terukur dari Riko Simanjuntak. Namun, Michael Krmencik menyia-nyiakan peluang itu setelah bola dari tendangannya malah melambung di atas gawang Persikabo 1973.

Kedua tim masih terus saling menyerang untuk bisa mencetak gol. Bruno Dybal menjadi pemain Persikabo 1973 yang kerap memberikan umpan umpan berbahaya ke jantung pertahanan Persija Jakarta. Sementara di pihak Persija Jakarta, Riko Simanjuntak masih terus merepotkan pemain belakang Persikabo 1973.   

Hingga babak kedua berakhir, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Persija Jakarta atas Persikabo 1973. 




Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 29 Januari 2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024