Persija Tundukkan Barito Putera 2-1


Sumber gambar : instagram.com/liga1match

Persija Jakarta secara dramatis berhasil menundukkan Barito Putera dengan skor tipis 2-1 dalam laga pekan ke-26 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada hari Rabu (22/02/2023) sore WIB.

Barito Putera sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Gustavo Tocantins pada menit ke-32.

Namun Persija Jakarta sukses melakukan comeback dengan mencetak dua gol yang masing masing dicetak oleh Riko Simanjuntak pada menit ke-35 dan Hansamu Yama pada menit injury time (90+8).

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara Persija Jakarta melawan Barito Putera : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Persija Jakarta langsung mendominasi jalannya permainan. Klub berjuluk Macan Kemayoran turun tanpa 4 pemain asingnya dan tanpa adanya 6 pemain yang dipanggil timnas U-20. Praktis Persija Jakarta hanya mengandalkan 3 pemain timnas senior Indonesia saat ini, Hansamu Yama di lini belakang, Syahrian Abimanyu di lini tengah dan Witan Sulaeman di lini depan.

Pada menit ke-12, Persija Jakarta mendapat peluang lewat tendangan Witan Sulaeman. Sayangnya bola  masih bisa diblok pemain belakang Barito Putera.

Pada menit ke-16, giliran Aji Kusuma memperoleh peluang setelah mendapat umpan dari Witan Sulaeman. Sayangnya bola dari tendangannya masih melenceng di samping gawang Barito Putera.

Pada menit ke-19, Persija Jakarta kembali memperoleh peluang lewat tendangan half volley dari Firza Andika setelah menerima umpan dari Riko Simanjuntak. Namun bola masih dapat ditangkap penjaga gawang Yoewanto Benny.

Pada menit ke-27, Persija Jakarta kembali memperoleh peluang lewat tendangan Rio Fahmi dari luar kotak penalti. Namun bola masih melambung di atas gawang Barito Putera.

Di sisi lain, Barito Putera dipaksa bermain lebih bertahan karena harus menahan gempuran dari Persija Jakarta. Meski demikian, klub berjuluk Laskar Antasari itu justru berhasil menjebol gawang Persija Jakarta lewat tendangan Gustavo Tocantins di menit ke-32. 

Berawal dari kesalahan passing Hanif Sjahbandi. Bola dapat dikuasai oleh Mike Ott kemudian mengirimkan umpan terobosan ke Gustavo Tocantins yang dengan tenang mampu meneruskan bola masuk ke gawang Persija Jakarta meskipun penjaga gawang Andritany Ardhiyasa berusaha menghadangnya. 

Barito Putera unggul 1-0.

Namun keunggulan Barito Putera hanya bertahan tiga menit karena di menit ke-35, Riko Simanjuntak berhasil membobol gawang Barito Putera setelah memanfaatkan bola rebound dari tangkapan penjaga gawang Yoewanto Benny yang terlepas.

Skor berubah menjadi imbang 1-1. 

Permainan berlanjut dengan tempo yang cukup tinggi. Kedua tim sama-sama saling melancarkan serangan.

Pada menit ke-42, klub berjuluk Laskar Antasari nyaris kembali unggul. Sayangnya bola dari tendangan Mike Ott masih belum tepat ke gawang Persija Jakarta.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih tetap imbang 1-1.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, baik Persija Jakarta maupun Barito Putera masih terus mencari celah untuk bisa mencetak gol lagi.

Pada menit ke-53, Persija Jakarta mendapat peluang lewat sontekan Firza Andika setelah mendapat umpan terobosan dari Syahrian Abimanyu. Sayangnya bola masih bisa ditepis penjaga gawang Yoewanto Benny.

Pada menit ke-57, pelatih Persija Jakarta Thomas Doll memasukkan pemain asing Michael Krmencik menggantikan Witan Sulaeman.

Pada menit ke-60, Persija Jakarta nyaris berbalik unggul lewat sundulan Hanif Sjahbandi setelah mendapat umpan sepak pojok Syahrian Abimanyu. Sayangnya bola dari sundulan mantan pemain timnas Indonesia  itu masih membentur mistar gawang Barito Putera. 

Pada menit ke-70, giliran Barito Putera yang memiliki peluang emas lewat tendangan Rizky Pora. Namun bola masih melenceng sangat tipis di samping gawang Persija Jakarta.

Setelah itu, serangan demi serangan terus dilancarkan Persija Jakarta dan Barito Putera berusaha meredamnya dengan memperlambat tempo permainan dan beberapa pemainnya kerap jatuh dan harus mendapat perawatan medis untuk mengulur waktu.

Tambahan waktu tujuh menit pun diberikan oleh wasit yang memimpin pertandingan. Persija Jakarta masih terus berupaya mencetak gol kemenangan demi mendapatkan tiga poin sedangkan Barito Putera masih saja mengulur wakru dan nampak puas dengan hasil imbang.

Ketika masuk menit injury time (90+8), sang mantan Hansamu Yama berhasil membobol gawang Barito Putera lewat sundulan kepalanya setelah mendapat umpan dari Rio Fahmi sekaligus memastikan Persija Jakarta unggul 2-1 atas Barito Putera hingga babak kedua berakhir.

   



Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 22 Februari 2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024