PSM Tundukkan Persebaya 1-0

 


Sumber gambar : instagram.com/liga1match

PSM Makassar berhasil menundukkan tuan rumah Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0 dalam laga pekan ke-26 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 yang berlangsung di Stadion Joko Samudro, Gresik pada hari Jum'at (24/02/2023) sore WIB.

Satu satunya gol yang membawa kemenangan klub berjuluk Juku Eja ini hasil bunuh diri pemain Persebaya Surabaya Alwi Slamat pada menit ke-71.

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara Persebaya Surabaya melawan PSM Makassar : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, pertandingan berjalan cukup sengit. Baik tuan rumah Persebaya Surabaya maupun PSM Makassar sama-sama bermain terbuka sehingga terjadi jual beli serangan meskipun kedua tim belum mampu memberikan ancaman yang berarti sampai memasuki menit ke-15. 

Setelah itu, terlihat klub berjuluk Juku Eja lebih mendominasi permainan dan memaksa Persebaya Surabaya bermain lebih bertahan. 

PSM Makassar terus menekan pertahanan Persebaya Surabaya dengan mengandalkan kecepatan kedua wingernya, Rizky Eka Pratama dan Yakob Sayuri. Namun upaya tersebut juga masih belum bisa membobol gawang tuan rumah. 

Sementara tuan rumah Persebaya Surabaya terlihat masih sangat kesulitan untuk bisa menembus pertahanan PSM Makassar yang dikawak dua bek Yuran Fernandes dan Erwin Gurawa yang bermain begitu disiplin dan taktis dalam meredam setiap serangan Persebaya Surabaya. 

Namun demikian, klub berjuluk Bajul Ijo itu sempat memperoleh peluang pada menit ke-34 lewat tendangan Ze Valente dari luar kotak penalti. Namun bola masih melebar dari gawang PSM Makassar.

Di lima menit akhir babak pertama, Persebaya Surabaya mampu memberikan tekanan yang cukup merepotkan pertahanan PSM Makassar. 

Pada menit ke-44, Persebaya Surabaya mendapat peluang apik lewat tendangan Januar Eka setelah menerima umpan dari Ze Valente. Beruntung bola masih bisa diblok oleh Erwin Gutawa sebelum mengarah ke gawang PSM Makassar. 

Hingga babak pertama berakhir,  skor masih tetap imbang 0-0.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso  memasukan dua pemain asingnya, Paulo Victor dan Sho Yamamoto. Masuknya dua pemain ini,  perubahan permainan langsung terlihat karena lini depan Persebaya Surabaya tampak lebih hidup dalam melancarkan serangannya ke area pertahanan PSM Makassar.

Sementara pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memasukkan Everton menggantikan Kenzo Nambu.

Laga berjalan semakin sengit karena intensitas serangan dari kedua tim nampak berjalan lebih tinggi dibanding babak pertama. 

Pada menit ke-54, Persebaya Surabaya memperoleh peluang lewat tendangan Sho Yamamoto. Namun bola masih bisa diblok oleh Erwin Gutawa.

Pada menit ke-59, giliran Paulo Victor yang mengancam gawang PSM Makassar nanun bola dari tendangannya masih belum mengarah ke gawang PSM Makassar.

Pada menit ke-71, justru PSM Makassar yang berhasil membobol gawang Persebaya Surabaya lewat gol bunuh diri sang kapten Alwi Slamat yang salah mengantisipasi umpan silang dari Everton yang membuat bola berbelok arah masuk ke gawangnya sendiri.

PSM Makassar unggul 1-0. 

Tertinggal satu gol, Persebaya Surabaya makin gencar melancarkan serangan ke pertahanan PSM Makassar. 

Pada menit ke-80, Persebaya Surabaya nyaris menyamakan kedudukan setelah Paulo Victor lolos dari jebakan offside. Sayangnya, bola dari tendangannya terlalu lemah dan mudah ditangkap oleh penjaga gawang Reza Arya.

Persebaya Surabaya terus berupaya menekan pertahanan PSM Makassar di sisa waktu babak kedua demi bisa menyamakan kedudukan. Nanun demikian, PSM Makassar mampu meredam setiap serangan Persebaya Surabaya dengan baik. 

Hingga babak kedua berakhir,  skor tetap 1-0 untuk kemenangan PSM Makassar atas tuan rumah Persebaya Surabaya.




Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 24 Februari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024