Berjemur

 


Selamat pagi sobat,  

Pagi ini saya menyempatkan untuk berjemur di terik matahari pagi. Tentu saja badan menjadi penuh keringat namun terasa lebih segar. 

Selain berjemur agar badan menjadi lebih sehat dan bugar, saya juga menjemur sebagian batu akik koleksi saya baik yang sudah berbentuk cincin lalu yang masih belum terpasang ring dan beberapa yang masih berbentuk batu bongkahan.

Sebelum dijemue, batu batu akik tersebut kecuali yang masih berbentuk batu bongkahan, saya olesi dengan minyak zaitun untuk menghindari terjadi keretakan pada batu akik dari panasnya sinar matahari. 

Batu batu akik berbentuk cincin yang ikut berjemur bersama saya di pagi hari ini antara lain koleksi batu Sojol dari kecamatan Sojol Sulawesi Tengah, yakni Black Sojol, Pink Sojol, Whit Sojol, Sunkis Sojol, Red Sojol, Green Sojol, Kembang Sojol merah dan hijau serta Giok Sojol. 

Selain batu Sojol seperti tersebut di atas, ada batu Panca Warna Sungai Ciliwung, batu Red Papua, batu Loreng Sungai Dareh Jambi, batu Lumut Merah Banten, batu Belimbing Aceh, batu Black Opal Kalimaya Banten, batu Bacan Palamea Halmahera Utara.

Kemudian untuk batu yang belum terpasang ring atau kerap disebut loose stone antara lain batu Panca Warna Sumbawa, batu Nilam Papua, batu Lumut Pinrang, batu Lumut Sukabumi, batu Bacan Coklat, batu Lumut Borneo. 

Sedangkan yang masih berbentuk batu bongkahan antara lain batu Labrador Pelangi Papua, batu Panca Warna Sungai Klawing, batu Red Sojol, batu Kembang Sojol dan batu Lumut Borneo. 

Sekitar satu jam saya berjemur, matahari juga sudah semakin terik dan batu batu akik terasa cukup panas saat tersentuh jemari tangan. 

Setelah berjemur saya sempatkan minum air putih sekitar 600 hingga 800 ml agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga. 

Dengan badan yang terasa segar, saya akan memulai aktivitas di pagi hingga siang hari ini dengan lebih semangat untuk mempersiapkan materi kuliah minggu depan dan menyelesaikan draft buku saya yang rencananya bakal terbit pada bulan Mei 2023. Insya Allah ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Matahari Terbit Selalu Dari Timur

Namun Dari Lembah Sinarnya Jarang Terlihat

Sempatkan Untuk Selalu Berjemur

Agar Badan Tetap Bugar Dan Sehat


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 27 April 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024