Persija Bungkam Bhayangkara FC 4-1

 


Sumber gambar : instagram.com/liga1match

Persija Jakarta sukses meraih kemenangan pertama setelah menaklukkan Bhayangkara FC dengan skor telak 4-1 dalam laga pekan ketiga kompetisi BRI Liga 1 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada hari Minggu (16/07/2023) malam WIB. 

Bhayangkara FC sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Crislan Hendrique pada menit ke-6. 

Namun Persija Jakarta berhasil melakukan comeback dengan empat gol yang masing masing dicetak oleh Riko Simanjuntak pada menit ke-15, Marko Simic pada menit ke-18 melalui tendangan penalti dan menit ke-34 serta M. Akbar Arjunsyah pada menit ke-74.

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan :  

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, tuan rumah Persija Jakarta langsung tampil menyerang dengan agresif ke pertahanan Bhayangkara FC. Klub berjuluk Macan Kemayoran itu langsung menurunkan pemain asing anyarnya, Maciej Gajos yang baru beberapa hari bergabung dengan tim. Disamping itu tiga pemain asing lainnya juga sudah ikut dimainkan yakni Ondrej Kudela, Marko Simic dan Ryo Matsumura.

Namun justru Bhayangkara FC yang mampu mencetak gol lebih dulu di menit ke-6 lewat pemain asingnya Crislan Hendrique setelah mendapat umpan jauh dari Matias Mier. Penjaga gawang Andritany Ardhiyasa berusaha menghadang namun Crislan lebih dulu mendapatkan bola dan menyonteknya masuk ke gawang Persija Jakarta. 

Bhayangkara FC unggul 1-0. 

Tertinggal satu gol, Persija Jakarta semakin gencar menyerang dengan memperagakan umpan umpan pendek dengan cepat dan cukup merepotkan pertahanan Bhayangkara FC. 

Pada menit ke-11, Maciej Gajos melepaskan tendangan spekulasi dari jarak jauh. Namun bola belum tepat mengarah ke gawang Bhayangkara FC.

Pada menit ke-15, Persija Jakarta sukses menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh si kancil Riko Simanjuntak setelah mendapatkan umpan dari Hansamu Yama. 

Yang menarik, bola dari tendangan Riko Simanjuntak itu sempat membuat jaring gawang Bhayangkara FC jebol. Bola tampak meluncur lolos menembus jaring, hingga membentur papan sponsor di belakang gawang.

Skor berubah menjadi imbang 1-1.

Hanya berselang tiga menit, Persija Jakarta berhasil membalikkan kedudukan lewat gol dari tendangan penalti yang dieksekusi oleh Marko Simic. 

Hadiah penalti diberikan wasit untuk Persija Jakarta setelah Ryo Matsumura dijatuhkan oleh Fathur Rahman di dalam kotak penalti. 

Persija Jakarta berbalik unggul 2-1.

Unggul satu gol, Persija Jakarta terus mendominasi permainan sehingga membuat Bhayangkara FC kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan.

Ryo Matsumura dan Riko Simanjuntak menjadi pemain yang begitu merepotkan pemain bertahan Bhayangkara FC. 

Pada menit ke-27, Hansamu Yama ditarik keluar karena cedera dan digantikan oleh Witan Sulaeman. 

Masuknya pemain timnas Indonesia ini menambah daya serang Persija Jakarta. Sementara posisi Hansamu Yama di posisi tiga bek digantikan oleh Firza Andika.

Pada menit ke-34, Persija Jakarta berhasil memperbesar keunggulannya lewat gol yang dicetak oleh Marko Simic setelah menerima umpan dari Witan Sulaeman. Marko Simuc kembali menunjukkan kualitasnya sebagai striker berbahaya, meskipun dalam kawalan ketat namun Simic mampu mengontrol bola dan melepaskan tendangan tanpa melihat ke gawang dan membuat bola menghujam masuk ke pojok gawang tanpa bisa dihadang penjaga gawang Awan Setho. 

Persija Jakarta unggul 3-1. 

Setelah unggul dua gol, Persija Jakarta terlihat mulai menurunkan tempo permainan dan lebih banyak memainkan bola di daerahnya sendiri. Sementara Bhayangkara FC masih kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan tangguh Persija Jakarta yang dikawal dua bek berlabel timnas, Ondrej Kudela (timnas Republik Ceko) dan Rizky Ridho (timnas Indonesia).

Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 3-1 untuk keunggulan tuan rumah Persija Jakarta.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Bhayangkara FC langsung tampil dengan permainan menyerang sedangkan Persija Jakarta bermain menunggu dan lebih mengandalkan serangan balik. 

Pemain asing anyar Persija Jakarta Maciej Gajos ditarik keluar digantikan punggawa timnas Indonesia Syahrian Abimanyu. 

Pada menit ke-49, Bhayangkara FC memperoleh peluang lewat tendangan bebas Matias Mier. Namun bola masih melenceng dari gawang Persija Jakarta. 

Pada menit ke-52, Matias Mier kembali mengancam gawang Persija Jakarta. Namun bola dari tendangannya tepat mengarah ke pelukan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa.

Pada menit ke-56, Persija Jakarta nyaris memperbesar keunggulan ketika umpan terobosan dari Riko Simanjuntak mengarah ke Marko Simic. Beruntung penjaga gawang Awan Setho lebih cepat merebut bola dari kaki Marko Simic. 

Pada menit ke-59, giliran penjaga gawang Andritany Ardhiyasa yang melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya untuk menghalau bola dari tendangan Crislan Hendrique 

Pada menit ke-61, Marko Simic dan Ryo Matsumura ditarik keluar dan digantikan oleh Aji Kusuma dan M. Akbar Arjunsyah. Praktis pemain asing Persija Jakarta di lapangan tinggal menyisakan Ondrej Kudela. 

Pada menit ke-74, Persija Jakarta memperbesar keunggulan lewat gol yang dicetak oleh M. Akbar Arjunsyah setelah menerima umpan matang dari Witan Sulaeman di depan gawang Bhayangkara FC. 

Persija Jakarta unggul 4-1. 

Bhayangkara FC terus berupaya untuk bisa memperkecil ketinggalannya dengan terus menekan pertahanan Persija Jakarta. 

Pada menit ke-81, Riko Simanjuntak ditarik keluar dan digantikan oleh Rayhan Hannan. 

Baru satu menit masuk lapangan, Rayhan Hannan memperoleh peluang mencetak gol setelah mampu mengecoh dua pemain Bhayangkara FC. Sayang bola dari tendangan pemain berusia 20 tahun itu mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Awan Setho.

Pada menit ke-84, Bhayangkara FC memperoleh peluang apik lewat sundulan Crislan Hendrique. Namun bola masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Andritany Ardhiyasa. 

Hingga babak kedua berakhir, Persija Jakarta tetap unggul atas Bhayangkara FC dengan skor telak 4-1.

.


Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 16 Juli 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024