Arema FC Tahan Imbang Persija 2-2

 


Sumber gambar : instagram.com/liga1match 

Arema FC sukses menahan imbang Persija Jakarta dengan skor 2-2 dalam laga pekan ke-9 kompetisi BRI Liga 1 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada hari Minggu (20/08/2023) sore WIB. 

Persija Jakarta sempat unggul dua kali lebih dulu lewat dua gol yang masing masing dicetak oleh Maciej Gajos pada menit ke-23 dan Hanif Syahbandi pada menit injury time (45+3). 

Sedangkan Arema FC mampu dua kali menyamakan kedudukan lewat dua gol yang dicetak oleh Gustavo Almeida dos Santos pada menit ke-38 dan menit ke,-88.

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, tuan rumah Persija Jakarta langsung tampil agresif dan menekan pertahanan Arema FC. 

Pada menit ke-3, justru tim tamu yang memperoleh peluang lebih dulu lewat serangan balik. Sayangnya bola dari tendangan Gustavo Almeida masih bisa diamankan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa. 

Setelah itu, Persija Jakarta lebih menguasai permainan dan memaksa Arema FC bermain bertahan dan sesekali melancarkan serangan balik lewat umpan umpan panjang ke lini depan. 

Pada menit ke-13, Persija Jakarta memperoleh peluang lewat tendangan Ryo Matsumura. Namun bola masih membentur pemain bertahan Arema FC dan hanya menghasilkan sepak pojok. 

Pada menit ke-16, Persija Jakarta kembali memperoleh peluang lewat tendangan bebas Maciej Gajos. Namun bola masih meluncur tipis di samping tiang gawang Arema FC.

Pada menit ke-23, Persija Jakarta akhirnya berhasil membuka keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Macief Gajos. 

Bermula dari serangan balik cepat, Riko Simanjuntak memberikan umpan ke Ryo Matsumura di depan kotak penalti. Pemain asal Jepang itu lalu merangsek ke dalam kotak penalti kemudian memberikan umpan ke Maciej Gajos di sisi kanan. Pemain asal Polandia itu langsung melepaskan tendangan yang membuat bola menghujam masuk ke gawang Arema FC. 

Persija Jakarta unggul 1-0. 

Tertinggal satu gol membuat Arema FC tampil lebih menyerang meskipun mendapat perlawanan sengit dari Persija Jakarta. 

Jual beli serangan terus dilancarkan oleh kedua tim namun hingga menit ke-35 belum ada peluang berbahaya yang mampu diciptakan oleh kedua tim. 

Barulah pada menit ke-36, Arema FC memperoleh peluang lewat tendangan spekulasi Chatles Almeida dari jarak jauh. Namun bola masih mengarah tepat ke penjaga gawang Andritany Ardhiyasa. 

Pada menit ke-38, Arema FC sukses menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Gustavo Almeida. 

Berawal dari kelengahan pertahanan Persija Jakarta yang membuat Gustavo Almeida mampu melakukan akselerasi cepat. Penjaga gawang Andritany Ardhiyasa yang terlanjur maju mampu dilewati oleh Gustavo. Pemain asal Brasil itu menggiring bola masuk ke kotak penalti dan mampu mengecoh Ondrej Kudela sebelum melepaskan tendangan ke arah gawang. Firza Andika gagal menghalau bola yang meluncur masuk ke gawang Persija Jakarta. 

Skor berubah menjadi imbang 1-1. 

Arema FC mendapat motivasi untuk membalikkan kedudukan dengan bermain lebih menyerang. 

Pada menit ke-45, Gustavo Almeida nyaris mencetak gol lagi. Beruntung Rizky Ridho mampu melakukan intersep dengan baik sebelum Gustavo melepaskan tendangan ke arah gawang Persija Jakarta. 

Pada menit injury time (45+3), Persija Jakarta berhasil membobol gawang Arema FC lewat gol yang dicetak oleh Hanif Syahbandi. 

Berawal dari umpan Maciej Gajos yang berhasil disundul oleh Hanif Syahbandi di depan gawang Arema RC. Bola masih dapat diblok penjaga gawang Julian Shwarzer. Bola rebound langsung disambar Hanif masuk ke gawang Arema FC. 

Hanif Syahbandi tidak melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Arema FC yang merupakan mantan kl yang telah membesarkannya. 

Persija Jakarta unggul 2-1 dan skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Persija Jakarta langsung mendominasi permainan dan berupaya terus menekan pertahanan Arema FC. 

Sementara Arema FC mampu meladeni permainan Persija Jakarta dengan serangan balik cepat yang mampu merepotkan pertahanan Persija Jakarta. 

Pada menit ke-51, petaka menimpa kubu klub berjuluk Macan Kemayoran ketika Firza Andika mendapat kartu kuning kedua dari wasit dan harus meninggalkan lapangan. Persija Jakarta harus bermain dengan 10 pemain. 

Berselang satu menit, bola dari tendangan bebas Ichaka Diarra masih dapat diamankan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa. 

Unggul dalam jumlah pemain, Arema FC berbalik mendominasi permainan dan terus memberikan tekanan ke pertahanan Persija Jakarta. 

Meski dalam tekanan, Persija Jakarta masih mampu melancarkan serangan balik dan memperoleh peluang di menit ke-61 lewat sundulan Akbar Arjunsyah. Sayangnya bola masih meluncur tipis di samping tiang gawang Arema FC. 

Pada menit ke-82, giliran Arema FC mengancam gawang Persija Jakarta lewat tendangan Charles Almeida. Namun bola masih bisa dihalau dengan kaki oleh penjaga gawang Andritany Ardhiyasa dan hanya menghasilkan sepak pojok. 

Pada menit ke-88, Arema FC berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang kembali dicetak oleh Gustavo Almeida setelah menerima umpan dari pemain pengganti Greg Nwokolo. 

Skor berubah menjadi imbang 2-2. 

Tensi pertandingan justru meningkat tinggi karena Persija Jakarta berani keluar menyerang dan Arema FC pun meladeni permainan agresif Persija Jakarta. 

Pada menit injury time (90+3), Persija Jakarta memperoleh peluang emas lewat sundulan pemain pengganti Marko Simic. Sayangnya bola masih dapat ditepis penjaga gawang Julian Shwarzer. 

Babak kedua pun berakhir, skor tetap imbang 2-2.



Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 20 Agustus 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024