Ketika File Hilang Di Laptop Dan Flashdisk

 


Selamat pagi sobat, 

Dua hari yang lalu saat saya tengah melakukan pengecekan ulang terhadap buku yang baru saya terbitkan. Saya dibuat terkejut ketika membuka file penyimpanan di laptop dari buku buku saya yang sudah terbit, ternyata ada sebuah file yang menghilang dari tempat penyimpanan.

File yang berupa sebuah folder yang saya beri nama buku11 ini berisikan kumpulan file file yang nantinya disatukan dalam satu buku seperti kata pengantar penerbit, sekapur sirih, daftar isi, halaman judul, halaman balik judul dan terutama naskah buku. 

Saya jadi penasaran kenapa file buku11 ini menghilang alias terhapus dalam tempat penyimpanan di laptop dengan folder buku saya. Bisa jadi, secara tak sengaja saya menghapusnya atau karena sebab lain, entahlah .. 

Selain saya simpan di hard disk laptop, file dari buku buku saya yang sudah terbit juga saya simpan di sebuah flashdisk. Saya segera mengambil flashdisk tersebut dan membukanya di laptop. Namun file buku11 juga sudah tidak ada. 

Saya baru ingat, file di flashdisk ini merupakan file awal sebelum saya pindahkan ke laptop. Mungkin saja sejak di flashdisk, file buku11 ini sudah terhapus. Nasib ..

Sedih juga rasa hati ini ketika file yang saya anggap sebagai file penting hilang alias terhapus. Saya kehilangan berkas naskah dari buku saya yang ke-11. 

Beruntung saya masih menyimpan semua buku buku saya yang sudah terbit dalam bentuk format pdf di memori card handphone saya. Syukurlah begitu saya lihat, file buku11 dalam bentuk format pdf masih ada. Kegundahan saya bisa terobati karena saya masih memiliki file buku ke-11 ini dalam format pdf. Bila saya ingin mencetak ulang maka saya masih dapat melakukannya. Alhamdulillah ..

Sejak awal kita memang sudah harus mengantisipasi jika terjadi adanya file yang terhapus atau rusak di tempat penyimpanan, apakah di hard disk pada laptop atau di flashdisk. Back up file lebih dari satu sudah menjadi keharusan karena bisa saja hard disk atau laptop atau flashdisk kita mendadak rusak maka kita masih memiliki back up dari file yang hilang. 

Selain file dengan format pdf, buku saya yang ke-11 ini sebenarnya sudah ada yang berbentuk buku cetak soft cover. Nantinya jika saya mau cetak dalam bentuk hard cover dengan ukuran B-5 seperti buku buku saya yang lain maka saya bisa menggunakan file dalam bentuk pdf. 

Menjadi pembelajaran bagi diri saya bahwa ke depannya saya harus lebih berhati hati saat mengutak ngutik file yang terdapat di tempat penyimoanan, apakah di hard disk laptop atau di flashdisk agar kejadian yang saya alami ini tidak terulang lagi. 

Insya Allah ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Mpok Nori Mau Nangkep Belalang

Tapi Selalu Kalah Cepat

Agar File Penting Tak Hilang 

Simpanlah Tak Hanya Di Satu Tempat

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 23 Agustus 2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024