Awal Yang Buruk

 


Selamat pagi sobat, 

Indonesia babak dibuat belur dihajar Irak di matchday pertama Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F yang berlansung di Basra International Stadium, Irak pada hari Kamis (16/11/2023) malam WIB.

Skuad Garuda harus mengakui ketangguhan tuan rumah Irak dengan skor telak 5-1.

Irak yang bermain di hadapan ribuan pendukungnya tampil begitu luar biasa sejak menit menit awal laga. Tidak heran, Irak mampu unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Bashar Rasan pada menit ke-20 dan gol bunuh diri Jordi Amat pada menit ke-35.

Indonesia lewat gol yang dicetak oleh Shayne Pattynama sempat memperkecil ketertinggalan di menit injury time (45+3). 

Akan tetapi di babak kedua, Irak tampil semakin agresif dan sukses menambah tiga gol lagi lewat aksi Osama Rashid pada menit ke-60, Youssef Amyn pada menit ke-81 dan Ali Al-Hamadi pada menit ke-88.

Dengan kekalahan telak ini, Indonesia menempati dasar klasemen Grup F. Sementara Irak memuncaki klasemen dengan 3 poin disusul Vietnam (3 poin) dan Filipina (0 poin) 

Indonesia digempur terus menerus oleh Irak di sepanjang laga babak pertama. Indonesia benar-benar tak diberikan kesempatan untuk bisa mengembangkan permainan apalagi untuk bisa melakukan menyerang balik.

Saat terus dalam tekanan, lini belakang Indonesia justru kerap melakukan kesalahan mendasar. Bahkan dua gol Irak di babak pertama bisa dikatakan berawal dari kesalahan pemain belakang Indonesia.

Meski begitu setelah tertinggal dua gol, Indonesia mampu keluar dari tekanan dan melancarkan serangan ke pertahanan Irak   

Upaya tersebut berbuah hasil pada menit injury time (45+3), Indonesia berhasil mencetak gol balasan lewat aksi Shayne Pattynama setelah menerima umpan Rafael Struick yang baru masuk menggantikan Dimas Drajad di menit ke-38.

Memasuki babak kedua, lagi-lagi Indonesia digempur habis oleh Irak. Pada menit ke-60, gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata kembali jebol lewat gol dari tendangan roket Osama Rashid.

Kesalahan pemain belakang Indonesia lagi-lagi jadi penyebab terjadinya gol keempat dan kelima oleh Youssef Amyn di menit ke-81 dan  Al Al-Hamadi pada menit ke-88.

Indonesia benar-benar dibuat hancur lebur oleh Irak yang sukses memanfaatkan lemahnya lini pertahanan Indonesia. 

Pelatih Shin Tae-Yong (STY) harus segera mengevaluasi dari hasil buruk yang diraih Indonesia melawan Irak ini.

Meraih kemenangan di kandang Irak sejak awal boleh dikatakan sulit dan tentu hasil imbang atau kalah tipis saja sudah bagus. Namun kekalahan besar tentu di luar dugaan mengingat Indonesia sudah banyak dihuni oleh beberapa pemain naturalisasi yang kualitasnya cukup baik. 

Faktor lapangan atau peforma pemain yang kurang baik saat laga melawan Irak ini bisa jadi merupakan penyebab terjadinya kekalahan mencolok.

Mudah mudahan pelatih STY bisa segera mengatasi kelemahan terutama yang terjadi di lini belakang Indonesia agar di laga berikutnya bisa tampil lebih baik dan solid dan tentu saja meraih kemenangan perdana .. 

Insya Allah ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Kalau Gatal Janganlah Terus digaruk

Usap Usaplah Sedikit Demi Sedikit

Jangan Pernah Menyerah Saat Terpuruk

Koreksi Diri Dan Segeralah Bangkit


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 17 November 2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024