Masa Kampanye

 


Selamat pagi sobat, 

Kemarin (Selasa, 28/11/2023) adalah hari dimulainya masa kampanye untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Anggota Legislatif yang akan berlangsung pada bulan Februari 2024.

Menarik untuk disimak di masa kampanye ini adalah keterlibatan rakyat di dalamnya. Saya ingin mengangkat kembali sebuah tulisan apik yang pernah saya posting di akun Facebook yang saya tak ingat siapa yang menuliskannya, anggap saja seseorang berinisial NN. 

Adapun tulisan tersebut adalah sebagai berikut : 


***

Dalam kampanye terbuka seperti yang terjadi hari ini dan hari hari ke depan. Ada hal yang menarik untuk diulas yaitu rakyat yang datang dan rakyat yang didatangkan ..

Rakyat yang datang ..

Didasarkan pada kesadaran sendiri, antusias menghadiri kampanye dengan penuh semangat dan tahan banting artinya rela kehujanan dan ber-panas panas di bawah terik matahari.

Secara pribadi atau berkelompok mereka bergotong royong menyiapkan segala sesuatunya mulai dari dress code, konsumsi dan transportasi.

Sedangkan rakyat yang didatangkan .. 

Kebanyakan mengincar "sesuatu" atau terpaksa karena dalam "tekanan". Mereka tinggal datang, transportasi, konsumsi dan dress code sudah ada yang menyiapkan plus "sesuatu" yang banyak ditunggu yaitu "honor kedatangan" bahasa kerennya. 

Saat kampanye bila cuaca panas terik atau hujan deras mereka segera angkat kaki dari arena kampanye.

Saat pilihan ..

Rakyat yang datang hampir pasti sudah punya pilihan sedangkan rakyat yang didatangkan masih sulit ditebak apalagi yang "sesuatu" itu dipotong sama EOnya.

Mari kita perhatikan, kampanye mana yang rakyat datang dan rakyat yang didatangkan ..


**"

Dari tulisan di atas, apakah kita sebagai rakyat akan ikut terlibat sebagai rakyat yang datang atau rakyat yang didatangkan ? 

Atau kita tidak termasuk dari keduanya dan lebih memilih menjadi rakyat yang "tak peduli" dengan masa kampanye atau menjadi rakyat yang hanya menyimak saja namun telah memastikan apa yang akan kita pilih ..

Nah, sobat termasuk rakyat yang mana ?

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Bang Toha Tengah Berlibur Ke Danau Toba

Tak Lupa Dia Pakai Sepatu Merek Adidas

Masa Kampanye Telah Tiba

Jadilah Rakyat Pemilih Yang Cerdas


*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 29 November 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024