Naik Kelas Lagi Di Kompasiana

 


Selamat pagi sobat, 

Sejak “naik kelas” ke kategori Junior pada hari Kamis (04/02/2022) dengan jumlah poin sebanyak 504 poin, saya baru mempublikasikan sebanyak 38 artikel.

Sebagai kilas balik, sejak saya menulis di Kompasiana.com mulai tanggal 1 Agustus 2021 hingga tanggal 2 Februari 2022, saya masih masuk dalam kategori paling rendah yaitu kategori Debutan dengan jumlah poin sebanyak 493 poin dengan 37 artikel yang saya publikasikan.

Untuk diketahui bahwa Penulis di Kompasiana.com yang kerap disebut Kompasianer dikelompokkan dalam beberapa kategori yaitu :

1. Debutan (100-500 poin).

2. Junior (501-1.500 poin)

3. Taruna (1.501-10.000 poin)

4. Penjelajah (10.001-50.000 poin) o

5. Fanatik (50.0001-100.000 poin)

6. Senior (100.002-250.000 poin)

7. Maestro (250.001-1000.000 poin)

Buat saya yang tergolong penulis pemula dan belum terlalu intens dalam mempublikasikan artikel di Kompasiana.com karena dalam 6 bulan hanya mempublikasikan 38 artikel saja, “naik kelas” ke kategori Junior sudah cukup membuat saya bersyukur dan tentu saja gembira.

Oleh karena itu untuk kembali naik kelas ke kategori selanjutnya yaitu kategori Taruna maka saya harus mendapatkan 996 poin lagi.

Perlahan tapi pasti, saya masih terus menulis di Kompasiana.com meskipun masih terbilang jarang mempublikasi artikel di blog yang cukup tenar di kalangan penggiat literasi itu. Saya memang cukup produktif dalam menulis namun tulisan atau artikel saya sebagian besar saya publikasikan di blog pribadi : doviri974.blogspot.com

Tak terasa pada tanggal 21 Desember 2023, saya mempublikasikan sebuah artikel di Kompasiana.com dan merupakan artikel ke-90 dengan jumlah poin sebanyak 1.490 poin.

Dokumen pribadi

Hal ini berarti saya hanya butun 10 poin saja untuk  “naik kelas” ke kategori Taruna.

Awalnya saya merasa pesimis untuk bisa naik kelas lagi di Kompasiana.com pada tahun 2023 ini mengingat saya masih fokus menulis di blog pribadi untuk dua buku saya yang terbit di bulan Desember 2023 dan juga mengisi rubrik Cerita Pagi

Namun rasa pesimis itu berubah menjadi optimis melihat perolehan poin yang saya dapat di tanggal 21 Desember 2023 tersebut sehingga di bulan Desember 2023 ini saya harus bisa  “naik kelas” ke kategori Taruna.

Oleh karena itu, pada tanggal 23 Desember 2023, saya mempublikasikan sebuah artikel untuk menuntaskan keinginan saya “naik kelas” ke kategori Taruna.

Artikel ini akhirnya bisa mencapai jumlah poin saya sebanyak 1500 poin dan sudah memenuhi syarat untuk bisa  “naik kelas” ke kategori Taruna.

Alhamdulillah .. 


Dokumen pribadi

Tentu saja saya mengucap puji syukur kehadirat Allah Subhannahu Wa Ta'ala atas pemberian nikmat sehat kepada diri saya sehingga saya dapat terus menulis dan mencapai apa yang saya inginkan. 

Semoga saya masih diberi umur agar bisa merasakan "naik kelas" lagi ke kategori berikutnya ..

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Mang Didu Pergi Ke Batu Tulis

Bersama Dengan Sanak Keluarganya

Janganplah Pernah Berhenti Menulis

Niscaya Akan Memetik Hasilnya

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 24 Desember 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024