Wisuda

 


Selamat pagi sobat, 

Wisuda sejatinya merupakan puncak dari perjuangan seorang mahasiswa dalam institusi Perguruan Tinggi dalam menyelesaikan program studi yang dipilihnya dengan penuh suka duka yang harus dihadapinya.

Dengan mengikuti wisuda seolah terbayar tuntas segala jernih payah selama beberapa tahun menjadi seorang mahasiswa dan ditandai dengan tali kuncir toga berpindah ke kanan.

Wisuda juga perlambang dari pihak institusi perguruan tinggi melepas dan sekaligus melantik mahasiswa dengan sebutan gelar akademik dalam strata tertentu serta juga menerima mahasiswa yang diwisuda sebagai alumni dari perguruan tinggi tersebut.

Menurut yang saya baca, kata wisuda berasal dari Bahasa Jawa yakni "wisudha" yang artinya pelantikan bagi orang yang telah menyelesaikan pendidikan. 

Prosesi wisuda pun selalu dilekatkan dengan pakaian toga, dan toga ini berasal dari Bahasa Latin "tego" yang artinya penutup. 

Awalnya toga merupakan pakaian sejenis jubah yang dipakai oleh pribumi Italia atau bangsa Etruskan. Seiring perkembangan jaman, toga kemudian dijadikan pakaian oleh bangsa Romawi, hingga akhirnya University of Oxford dan University of Cambridge sebagai perguruan tinggi pertama yang meresmikan pakaian kelulusan dalam bentuk toga wisuda.

Pakaian toga wisuda melambangkan pencapaian dan pengakuan. Sedangkan bentuk persegi pada topi toga dimaknai sebaga bentuk simbolis dari buku, namun ada sejarawan lain mengungkapkan, bahwa topi toga yang berbentuk persegi ini memiliki filosofi yakni, seorang sarjana dituntut agar berpikir rasional sehingga bisa memandang segala sesuatu dari sudut yang berbeda. 

Pada momen sakral pelantikan wisuda atau kerap disebut sebagai wisudawan terdapat seremoni tali kuncir topi toga yang dipindahkan dari kiri ke kanan. 

Hal ini dimaknai bahwa semasa kuliah lebih banyak menggunakan otak kiri atau hardskill, maka setelah lulus seorang sarjana akan lebih banyak menggunakan otak kanannya yang berhubungan dengan imajinasi, inovasi, kreativitas hingga softskill lainnya.

Sumber : bsi.ac.id (21/10/2022) 


Foto : Misdiyono

Kemarin (Kamis, 21/12/2023), saya dan istri menghadiri acara wisuda Magister anak kami satu satunya, Riri di Balai Sidang atau JICC Senayan, Jakarta. Acara wisuda berlangsung siang hari dan dimulai pada jam 13.30 hingga jam 16.30 WIB. 

Acara wisuda yang diikuti oleh sekitar seribu mahasiswa dari jenjang pendidikan akademi Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor dari Universitas Gunadarma. 

Acara wisuda tersebut dilaksanakan dalam sidang Senat Universitas Gunadarma yang dipimpin oleh Wakil Rektor III Dr. Irwan Bastian, S.Kom, MMSi.

Pelantikan wisudawan dilakukan oleh Wakil Rektor III yang secara langsung memindahkan kuncir toga ke kanan dan memberi ucapan selamat kepada setiap wisudawan. 

Acara wisuda anak kami ini menjadi momen yang membahagiakan bagi kami berdua dan tentu juga suami dari anak kami, Rafi yang turut hadir bersama kami di acara wisuda tersebut.

Anak kami sudah dinyatakan lulus dalam sidang tesis pyang dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2023 setelah menempuh perkuliahan selama 4 semester dengan IPK 4.00. 

Kami sebagai orang tua tak pernah putus untuk mendoakan agar anak kami, Riri dan suaminya, Rafi senantiasa diberikan oleh Allah Subhannahu Wa Ta'ala berupa nikmat iman, nikmat islam dan nikmat sehat serta juga selalu diberikan bahagia dan sukses dalam menjalani kehidupan rumah tangganya .. 

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Wak Umuh Seorang Pria Berwibawa

Disegani Di Manapun Dia Berada

Puncak Bahagia Seorang Mahasiswa

Ketika Dia Sudah Diwisuda

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 22 Desember 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024