Ketika Tulisan Dibaca Banyak Orang

 


Selamat pagi sobat, 

"Kegembiraan seorang penulis adalah ketika tulisannya telah dibaca oleh banyak orang".

Begitu kata seorang kawan yang berprofesi sebagai penulis kepada saya saat kami bertemu dan berbincang bincang tentang dunia tulis menulis. 

Ketika itu, saya belum aktif menulis seperti sekarang ini dan kalaupun menulis hanya sesekali saja dan tidak dipublikasikan.

Kemudian saat saya mulai aktif menulis dan menjadi kreator di UC We Media di tahu 2017 dimana UC We Media ini merupakan wadah para penulis yang mempublikasikan tulisannya di media online UC News milik konglomerat China, Jack Ma.

Di saat itulah saya baru merasakan seperti yang dikatakan oleh kawan saya tersebut di atas. Kegembiraan saat tulisan tulisan saya mulai dibaca banyak orang, mulai dari puluhan, ratusan, ribuan hingga puluhan ribu pembaca dan bahkan sampai seratus ribuan pembaca yang membaca tulisan tulisan saya.

Ada kata bijak yang mengatakan bahwa biarlah tulisanmu mencari jalannya sendiri. 

Benar juga, ketika tulisan tulisan yang saya buat telah menemukan jalannya maka disitulah banyak orang membacanya. 

Untuk apa kita menulis ? Tentu salah satunya agar apa yang kita tulis dibaca oleh orang lain. Bisa memberikan manfaat bagi orang yang membacanya atau bisa juga hanya menjadi bacaan sambil lalu saja.

Ketika tulisan kita dibaca oleh banyak orang sudah barang tentu  kita akan termotivasi untuk terus menulis dan memperbaiki gaya tulisan kita agar menjadi semakin menarik. Itulah yang pernah saya alami ketika menjadi kreator di UC We Media selama dua tahun sepuluh bulan dan telah mempublikasikan sebanyak 3056 tulisan di media online UC New

Demikian pula ketika saya aktif menulis di website YPTD : terbitkanbukugratis.id dan blog pribadi : doviri974.blogspot.com yang juga telah mempublikasikan ribuan tulisan. 

Kemudian ketika saya bergabung di Kompasiana pada tahun 2021. Di blog kondang milik Kompas Grup itu saya memang masih jarang mempublikasikan tulisan saya dan hingga tulisan ini dibuat baru 98 tulisan yang sudah saya publikasikan. Alhamdulillah sudah dibaca oleh 109.601 orang. Untuk penulis pemula seperti saya, pencapaian tersebut sudah sangat menggembirakan.

Salah satu tulisan saya di Kompasiana yang paling banyak dibaca orang adalah tulisan yang saya publikasikan pada tanggal 1 Mei 2022 dengan judul "Terbitkan Buku Dengan QRCBN". Tulisan ini, sampai kemarin sudah dibaca oleh 19.411 orang dan tentu akan terus bertambah karena tulisan ini selalu muncul di mbah Google ketika kita mencari kata kunci "QRCBN". 

Bagi saya yang masih terbilang sebagai penulis pemula, dengan banyaknya orang yang membaca tulisan saya maka akan membuat saya termotivasi untuk lebih produktif menulis. Kemudian ketika tulisan tulisan saya sudah cukup banyak dipublikasikan maka selanjutnya akan saya kumpulkan dan saya abadikan menjadi sebuah buku. 

Muara tulisan adalah sebuah buku, begitu kata orang bijak. 

Mudah mudahan saya senantiasa diberikan nikmat sehat oleh Allah Subhanna Wa Ta'ala sehingga saya dapat terus menulis dan menerbitkan buku .. 

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin ..


Dokumen pribadi

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Mbak Ira Pakai Gaun Manyala

Dengan Wajah Terlihat Girang

Bahagia Seorang Penulis Pemula

Ketika Tulisannya Banyak Dibaca Orang

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 28 Februari 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024