Ketika Baru Tahu Buku Saya Tersimpan Di Perpustakaan Daerah Jakarta

 


Selamat pagi sobat, 

Siang (Kamis, 28/03/2024) kemarin selepas solat Dzuhur, saya membuka mbah Google di handphone yang jarang saya gunakan. Pada aplikasi Google Chrome di handphone tersebut belum terbookmark alamat dari blog pribadi saya,  doviri974.blogspot.com.

Saya memang berencana untuk menggunakan handphone itu untuk membuat tulisan di blog pribadi. Tak butuh waktu lama, alamat dari blog pribadi sudah tersimpan di bookmark Google Chrome dan sudah siap untuk digunakan. 

Setelah itu, iseng iseng saya berselancar di mbah Google dengan mengetikkan nama saya (nurwendo) di kolom pencarian. Berbagai informasi tentang nama saya muncul mulai dari dosen di Universitas Gunadarma, penulis di Kompasiana, pengarang di YPTD dan masih banyak lagi yang sebagian besar sudah pernah saya baca. 

Sampailah di sebuah website yakni perpustakaan.jakarta.go.id seperti gambar di bawah ini : 


Dokumen pribadi 

Saya melihat nama saya dengan judul buku yang pernah saya terbitkan muncul di sana. Surprise juga ketika tahu sebuah buku saya sudah tersimpan dalam daftar katalog di Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian karena penasaran, saya klik website tersebut dan munculah data seperti gambar berikut ini : 


Dokumen pribadi 

Barulah saya tahu bahwa buku saya yang sudah tersimpan di Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta ini adalah buku yang berjudul "Ngeteh Morning Bareng Nurwendo" Seri 6 yang terbit pada bulan Desember 2021

Untuk diketahui bahwa buku dengan judul tersebut di atas terdiri dari 6 Seri dengan total tulisan sebanyak 365 tulisan. Dari total tulisan tersebut, saya menulis satu tulisan setiap hari tanpa jeda selama 365 hari di rubrik Ngeteh Morning pada website YPTD : terbitkanbukugratis.id mulai dari tanggal 15 Desember 2020 hingga tanggal 15 Desember 2021. 

Adapun buku dengan judul seperti tersebut di atas merupakan buku saya yang ke-32.

Tentu saja saya sangat bersyukur bahwa ada buku saya yang sudah tersimpan di Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta selain juga tersimpan di Perpustakaan Nasional.

Adanya buku saya yang tersimpan baik di Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta maupun di Perpustakaan Nasional merupakan hasil kerja yang profesional dari penerbit YPTD (Yayasan Pusaka Thanrin Dahlan) yang secara konsisten telah menjalankan amanat dari UU No 13 tahun 2018 untuk menyerahkan buku yang telah diterbitkan ke Perpustakaan Daerah dan Perpustakaan Nasional. 

Untuk itulah di tulisan ini saya menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Ketua YPTD bapak Haji Thamrin Dahlan yang telah membantu untuk menerbitkan sekitar 48 buku saya yang ber-ISBN dan sebagian telah tersimpan di Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Perpustakaan Nasional. 

Alhamdulillah .. 

Mudah mudahan saya senantiasa diberikan nikmat sehat oleh Allah Subhannahu Wa Ta'ala sehingga dapat terus menulis dan menerbitkan buku.

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin .. 

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Mang Didu Kini Jadi Petani

Lahannya Ada Di daerah Agrowisata

Alangkah Senang Hati Awak Ini

Ketika Tahun Buku Awak Telah Tersimpan Di Perpustakaan Daerah Jakarta

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 29 Maret 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024