Asian Cup U23 : Irak Bungkam Vietnam 1-0




Sumber gambar : instagram.com/afcasiancup 

Irak berhasil lolos ke babak Semi Final setelah mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 dalam laga babak Perempat Final AFC U23 Asian Cup 2024 yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Al Warkah, Qatar pada hari Jum'at (26/04/2024) dini malam WIB.

Satu satunya gol yang membawa kemenangan Irak dicetak oleh Ali Jasim pada menit ke-64.

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, kedua tim bermain dalam tempo yang cukup tinggi. Kedua tim saling jual beli serangan dengan sengit.

Pada menit ke-15, peluang apik didapatkan oleh Irak. Pemain bertahan Vietnam membuat kesalahan saat menghalau bola umpan silang dari sisi kiri. Bola malah jatuh ke kaki Ali Basim Mohamed. Kemudian Ali melepas tendangan ke arah gawang nanun bola masih bisa diblok penjaga gawang Van Chuan Quan.

Pertandingan kemudian berjalan dengan ketat. Kedua tim masih terus berusaha saling serang tapi terlihat masih cukup kesulitan untuk bisa menciptakan peluang berbahaya.

Pada menit ke-38, Nguyen Van Tung mengancam gawang Irak dengan tendangan keras. Namun bola masih melambung di atas mistar gawang Irak.

Irak balik mengancam gawang Vietnam pada menit injury time (45+3) lewat tendangan keras Ali Al Mosawe. Namun bola masih melambung di atas mistar gawang Vietnam.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih tetap imbang 0-0.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, pertandingan masih berlangsung ketat. Namun Irak mampu mendominasi pengusaan bola atas Vietnam.

Pada menit ke-62, petaka didapatkan oleh Vietnam. Setelah melakukan pengecekan lewat VAR, penjaga gawang Quan Van Chuan terlihat melakukan pelanggaran pada Nihad Mohammed dan wasit memberi hadiah penalti pada Irak.

Dua menit berselang, eksekusi penalti kemudian dilakukan oleh Ali Jasim dengan sempurna. 

Irak unggul 1-0.

Setelah tertinggal satu gol, Vietnam langsung menaikkan intensitas serangannya. Namun nampak masih cukup kesulitan untuk bisa menembus pertahanan rapat Irak.

Pada menit ke-81, Irak justru mengancam gawang Vietnam lewat tendangan Muntadher dari jarak sekitar 25 meter. Namun bola masih bisa ditepis penjaga gawang Van Chuan Quan 

Pada menit ke-89, laga terhenti untuk sementara. Wasit menuju layar VAR untuk melihat pelanggaran yang dilakukan pemain Vietnam Nguyen Manh Hung pada Ali Jasim. Wasit akhirnya memberikan kartu merah pada pemain Vietnam tersebut dan Vietnam harus bermain dengan 10 pemain.

Irak kemudian mendapat penalti pada menit injury time (90+10) setelah penjaga gawang Van Chuan Quan melanggar Ali Jassim. Namun setelah dicek lewat VAR, wasit membatalkan keputusannya. 

Babak kedua pun berakhir, Irak tetap unggul tipis 1-0 atas Vietnam.

Susunan pemain 

Irak (4-2-3-1) :

Hussein Hassan (GK); Ahme Hasan Al-Reeshawee, Zaid Tahseen, Hussein Amer Ojaimi, Jasmin Ali Jassim; Ali Al Mosawe, Nihad Muhammad Owaid; Muntadher Mohammed, Karrar Al Mukhtar, Amin Al Hamawi; Mustafa Saadoon.

Vietnam (3-4-3) : 

Van Chuan Quan (GK); Duy Cuong Luong, Le Nguyen Hoang, Hoang Minh Khoa; Vi Hao Bui, Nguyen Van Truong, Van Tung Nguyen, Van Cuong Ho; Khuat Van Khang, Thai Son Nguyen, Manh Hung Nguyen.


Sumber : okezone.com 


NH 

Depok 26 April 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024