Asian Cup U23 : Uzbekistan Tundukkan Indonesia 2-0

 


Sumber gambar : instagram.com/afcasiancup 

Uzbekistan sukses melaju ke babak Final setelah menaklukkan Indonesia dengan skor 2-0 dalam laga babak Semi Final AFC U23 Asian Cup 2024 yang berlangsung di Abdullah bin bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada hari Senin (29/04/2024) malam WIB. 

Kemenangan atas Indonesia ini juga memastikan Uzbekistan tampil di Olimpiade Paris 2024.

Dua gol yang membawa kemenangan Uzbekistan masing masing dicetak oleh Khusayin Norchaev pada menit ke-68 dan pemain Indonesia Pratama Arhan (gol bunuh diri) pada menit ke-86. 

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Uzbekistan langsung bisa menguasai permainan sejak menit menit awal.

Uzbekistan lebih berani melakukan pressing ketat ke wilayah Indonesia. Ini membuat Indonesia sulit berkembang dan lebih banyak bermain bertahan.

Uzbekistan menunjukkan keagresifannya pada menit ke-13. lewat tendangan Alisher Odilov. Namun bola masih bisa diblok oleh penjaga gawang Ernando Ari. 

Berselang 5 menit, bola dari tendangan keras Ulugbek Khoshimov masih menyamping ke sisi kiri gawang Indonesia.

Momentum didapatkan Indonesia pada menit ke-25. Bermula dari serangan di sisi kanan pertahanan Uzbekistan, Witan Sulaeman berupaya masuk kotak penalti yang kemudian dihentikan oleh Abdulkodir Khusanov. 

Wasit Shen Yinhao sempat hendak menghadiahkan tendangan bebas untuk Indonesia. Namun, intervensi VAR membuat sang pengadil lapangan mencabut hadiah tersebut.

Peluang Uzbekistan kembali datang pada menit ke-30 lewat tendangan jarak jauh Abdurauf Buriyev. Beruntung bola masih mengenai mistar gawang Indonesia. 

Uzbekistan terus menekan pertahanan Indonesia. Apalagi, ketika tambahan waktu babak pertama mencapai 10 menit. Waktu terasa panjang bagi Indonesia untuk bisa menahan gempuran dari Uzbekistan.

Babak pertama pun berakhir dengan skor masih tetap imbang.0-0.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Uzbekistan masih terus melakukan pressing  tinggi dan dominasi penguasaan bola.

Pada menit ke-56, Uzbekistan U-23 nyaris membuka keunggulan. Beruntung, bola dari tendangan keras Alisher Odilov masih melambung tipis dari sisi kanan gawang Indonesia.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-62 namun bukan untuk Uzbekistan melainkan untuk Indonesia saat Pratama Arhan mengirimkan bola silang yang mengarah ke depan gawang. Bola jatuh ke kaki Muhammad Ferarri. Para pemain Uzbekistan tidak siap ketika Ferarri meneruskan bola dari jarak dekat masuk ke gawang Uzbekistan.

Namun, intervensi VAR membuat wasit harus melihat rekaman. Terlihat ada offside  dalam build up play sehingga gol tersebut dianulir. 

Skor masih tetap imbang 0-0.

Insiden tersebut nampak sedikit merusak konsentrasi dari para pemain Indonesia dan hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Uzbekistan.

Pada menit ke-68, Uzbekistan sukses membobol gawang Indonesia. Bermula dari umpan silang dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Khusain Norchaev yang tidak terkawal di dalam kotak penalti kemudian mencocor bola masuk ke gawang Indonesia.

Uzbekistan unggul 1-0.

Meski tertinggal satu gol, Indonesia masih sulit untuk keluar menyerang dan justru peluang emas kembali diperoleh Uzbekistan pada menit ke-74. Beruntung bola dari tendangan Abbosbek Fayzullaev masih mengenai tiang gawang Indonesia.

Uzbekistan terus menekan dan mencari celah di pertahanan Indonesia ketika posisi Indonesia masih tertinggal dan harus bermain lebih menyerang. 

Pelatih Shin Tae-Yong memasukkan Jeam Kelly Sroyer menggantikan Ramadhan Sananta untuk meningkatkan daya serang.

Uzbekistan justru memperoleh peluang mencetak gol lewat tendangan Jasur Jaloliddinov dan Khusain Norchaev. Beruntung peluang tersebut dapat digagalkan penjaga gawang Ernando Ari.

Insiden terjadi ketika Rizky Ridho tidak bisa mengelak dari akselerasi cepat Jaloliddinov. Kaki Ridho mengenai kaki m pemain Uzbekistan. Ini membuat wasit mengeluarkan kartu merah untuk kapten Indonesia ini dan Indonesia harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-84.

Hanya berselang dua menit, Uzbekistan sukses menggandakan keunggulan. Pratama Arhan yang bermaksud menghalau bola tendangan Khusain Norchaev malah membuat bola meluncur masuk ke gawang sendiri.

Uzbekistan unggul 2-0.

Di waktu yang tersisa, Indonesia berupaya mencetak gol balasan. Sebuah aksi individual Marselino Ferdinan yang berujung dengan tendangan keras. Namun bola masih menyamping ke sisi kiri gawang Uzbekistan. 

Tambahan waktu yang cukup lama yakni 16 menit tidak mampu dimanfaatkan Indonesia untuk memperkecil kedudukan.

Babak kedua pun berakhir, skor tetap 2-0 untuk kemenangan Uzbekistan.

Susunan pemain 

Indonesia (3-4-3) :

Ernando Ari Sutaryadi (GK); Justin Hubner, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari; Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Fajar Fathur; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta.

Uzbekistan (4-2-3-1) : 

Abduvakhid Nematov (GK); Zafarmurod, Abdirakhmatov, Abdukodir Khusanov, Ulugbek Fayzullaev; Abbosbek Fayzullaev; Umarali Rakhmonaliev; Rakhimjonov Asdbek, Alibek Davronov, Alisher Odilov; Abdurauf Buriev.


Sumber : okezone.com 


NH 

Depok 29 April 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024