Kenangan Indah Dari Lagu Gereja Tua

 


Selamat pagi sobat, 

Kemarin (23/05/2024) malam, saya  bersantai sambil mendengarkan lagu lagu lawas di saat saya masih remaja, seperti lagunya Koesplus, Koes Bersaudara, Bimbo, Panbers, Broery Marantika, Rinto Harahap, Christine Panjaitan, Mercy's, Iwan Fals, Ebiet G Ade dan yang lainnya.

Saat mendengarkan lagu Gereja Tua yang dinyanyikan oleh Benny Panjaitan, vocalus grup band Panjaitan Berdaudara atau yang lebih dikenal dengan nama Panbers, saya langsung teringat dengan sebuah peristiwa yang menjadi kenangan tak terlupakan dari lagu Gereja Tua ini.

Meskipun kenangan ini sudah pernah saya sampaikan di tulisan saya di tahun 2021 yang lalu namun saya ingin kembali berbagi cerita di rubrik pagi kali ini.

Peristiwa tersebut sudah terbilang lama yakni di akhir bulan September 1999 di sebuah restoran kalau tak salah Sate Senayan yang letaknya tidak jauh dari gedung DPR/MPR RI jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta. Saat itu diadakan acara perpisahan Anggota Komisi III DPR RI Periode 1997 - 2002 (berakhir 1999).

Saya bersama seluruh Anggota Komisi III DPR/MPR RI akan mengakhiri masa bakti pada tanggal 30 September 1999.

Acara berlangsung sangat akrab dan penuh canda serta gelak tawa meski ada rasa sedih karena kita akan berpisah dan kembali ke daerah masing masing.

Diawali dengan sambutan dari Ketua Komisi III saat itu bang Umbu Mehang Kunda kemudian dilanjutkan dengan sepatah kata dari perwakilan masing masing Fraksi yaitu dari Fraksi Karya Pembangunan (FKP - Golkar), Fraksi ABRI, Fraksi PPP dan Fraksi PDI.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan makan siang dan ramah tamah.

Alunan lagu dari seorang penyanyi wanita yang berdiri di atas panggung mini mengiringi para Anggota Komisi III yang tengah bersantap siang sambil berbincang santai.

Setelah beberapa lagu dilantunkan oleh penyanyi wanita yg berdiri di atas panggung mini, MC mulai mendapuk para Anggota Komisi III untuk naik panggung mini dan melantunkan sebuah lagu.

Satu persatu para Anggota Komisi III bergantian naik ke panggung mini dan menunjukkan kebolehannya melantunkan sebuah lagu.

Dimulai dari pimpinan Komisi III, bang Umbu Mehang Kunda (Ketua-FKP), bang Sjahrani Sjahrin (Wakil Ketua-FKP), pak Slamet ST (Wakil Ketua-FABRI), bang Massardy Kaphat (Wakil Ketua-FPDI) dan pak Zain Badjeber (Wakil Ketua-FPPP).

Kemudian giliran para Anggota Komisi III naik ke panggung mini seperti kang Awal Kusuma, pak Akip Renatin, bang Alu Jong Joko dan sang bintang sinetron yang juga seorang politisi bang Yoseano Waas.

Setelah itu, saya mendengar MC menyampaikan kata kata seperti akan menutup acara di siang hari itu, namun ternyata MC malah kembali meminta seorang Anggota Komisi III untuk naik ke panggung mini dan seseorang itu adalah saya.

"Kepada bapak Nurwendo, dipersilakan untuk tampil ke depan" ucap MC saat itu.

Terkejut juga namun sebagai Anggota termuda di Komisi III mau tak mau harus siap untuk naik ke panggung mini.

Saya pun berjalan menuju panggung mini diiringi tepuk tangan meriah dari para Anggota Komisi III dengan komen canda yang membuat acara semakin meriah. 

Di atas panggung, saya sempat bingung mau nyanyi lagu apa sambil membolak balik lembaran buku yang berisi lirik lagu yang berada di depan microfon.

Namun saat saya membaca sebuah judul lagu, GEREJA TUA .. lagu legenda milik Panbers. Ya, saya langsung memutuskan untuk menyanyikan lagu itu.

Musik dari orgen tunggal untuk mengiringi lagu yang akan saya nyanyikan mulai terdengar di dalam restoran itu, dan tepuk tangan riuh terdengar saat saya mulai melantunkan lagu GEREJA TUA.

Beberapa menit kemudian lagu pun selesai saya lantunkan dan kembali terdengar tepuk tangan riuh dari teman teman Anggota Komisi III seraya diiringi dengan suara MC yang menutup secara resmi acara dan kemudian mempersilahkan para Anggota Komisi III untuk saling berjabat tangan ..

Jadilah lagu GEREJA TUA menjadi lagu terakhir sekaligus perpisahan bagi kita, Anggota Komisi III DPR/MPR RI Periode 1997-2002 (berakhir 1999).

Kisah ini yang membuat lagu GEREJA TUA menjadi lagu yang selalu membawa kenangan indah yang tak terlupakan bagi diri saya. 

Bila sobat yang sebaya dengan saya ingin mengingat kembali lagu GEREJA TUA ini, berikut lirik dari lagu tersebut :

GEREJA TUA

Masihkah kau ingat waktu di desa

Bercanda bersama di samping gereja

Kala itu kita masih remaja

Yang polos hatinya bercerita

Waktu kini tlah lama berlalu

Sudah sepuluh tahun tak bertemu

Entah di mana kini kau berada 

Tak tahu di mana rimbanya

Hanya satu yang tak terlupakan

Kala senja di gereja tua

Waktu itu hujan rintik-rintik

Kita berteduh di bawah atapnya

Kita berdiri begitu rapat

Hingga suasana begitu hangat

Tanganmu ku pegang erat-erat

Kenangan itu selalu ku ingat 

... 

Waktu kini tlah lama berlalu

Sudah sepuluh tahun tak bertemu

Entah di mana kini kau berada

Tak tahu di mana rumahnya

Hanya satu yang tak terlupakan

Kala senja di gereja tua

Waktu itu hujan rintik-rintik

Kita berteduh di bawah atapnya

Meskipun kini kau telah berdua

Itu bukanlah kesalahanmu 

Ku hanya ingin dapat bertemu

Bila bertemu puaslah hatiku

Bila bertemu puaslah hatiku ..

***

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Bila Pohon Mangga Banyak Benalu

Sebaiknya Harus Segera Dibersihkan

Peristiwa Berkesan Masa Lalu

Menjadi Kenangan Tak Terlupakan

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 24 Mei 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024