Madura United Tundukkan Borneo FC 3-2

 


Sumber gambar : instagram.com/liga1match   

Madura United tampil gemilang saat mengalahkan tuan rumah Borneo FC dengan skor tipis 3-2 dalam laga Semi Final Leg 2 babak Championship Series kompetisi BRI Liga 1 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan pada hari Minggu (19/05/2024) malam WIB.

Tiga gol yang membawa kemenangan klub berjuluk Sape Kerrab ini masing masing dicetak oleh Dalberto pada menit ke-19, Malik Risaldi pada menit ke-58 dan menit ke-67.

Sedangkan Borneo FC sempat dua kali unggul lewat dua gol yang masing masing dicetak oleh Alfharezzi Buffon pada menit ke-12 dan Felipe Cadenazzi pada menit injury time (45+2) melalui tendangan penalti.

Dengan kemenangan di Leg 2 ini, Madura United unggul agregat 4-2 (1-0, 3-2) atas Borneo FC dan memastikan lolos ke Final babak Championship Series.

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, baik tuan rumah Borneo FC maupun Madura United sama sama tampil menyerang sehingga terjadi jual beli serangan yang cukup sengit.

Pada menit ke-11, Borneo FC membuka peluang lewat tendangan Adam Alis setelah menyambar bola dari sundulan Alfharezzi Buffon. Namun bola masih bisa ditepis penjaga gawang Lucas Frigeri. 

Hanya berselang satu menit, Borneo FC sukses membuka keunggulan lewat gol dari sundulan Alfharezzi Buffon setelah menyambut umpan terukur dari Leo Guntara yang membuat bola tak mampu dihadang penjaga gawang Lucas Frigeri. 

Borneo FC unggul 1-0. 

Tertinggal satu gol, Madura United langsung meningkatkan intensitas serangannya ke pertahanan Borneo FC. 

Upaya ini membuahkan hasil pada menit ke-19 ketika Madura United berhasil menyamakan kedudukan lewat gol dari sundulan Dalberto setelah menyambar umpan lambung dari Francisco Rivera. 

Skor menjadi imbang 1-1.

Pertandingan berlanjut dalam tempo yang tetap tinggi karena kedua tim sama sama berupaya mencetak gol lagi. 

Pada menit ke-29, Madura United memperoleh peluang emas lewat tendangan keras Malik Risaldi. Sayangnya bola masih dapat ditepis penjaga gawang Angga Saputra. 

Pada menit ke-44, Borneo FC mendapat hadiah penalti setelah wasit Naufal Adya meninjau  dengan menggunakan VAR (Video Assistant Referee) atas insiden yang melibatkan Cleberson dan Felipe Cadenazzi di dalam kotak penalti Madura United. 

Wasit menilai tangan Cleberson yang mengenai kepala Felipe Cadenazzi sebagai pelanggaran. 

Selang tiga menit, Felipe Cadenazzi yang bertindak sebagai eksekutor penalti sukses menaklukkan penjaga gawang Lucas Frigeri. 

Borneo FC kembali unggul 2-1 dan skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, tuan rumah Borneo FC langsung tampil agresif begitu laga dimulai. Klub berjuluk Pesut Etam itu terus menekan pertahanan Madura United. 

Pada menit ke-51, Borneo FC memperoleh peluang emas lewat tendangan keras Stefano Lilipaly. Sayangnya bola masih dapat ditepis penjaga gawang Lucas Frigeri. 

Madura United berusaha keluar dari tekanan dengan melakukan serangan balik cepat begitu dapat menguasai bola. 

Upaya dari klub berjuluk Sape Kerrab itu menuai hasil pada menit ke-58 setelah Malik Risaldi berhasil membobol gawang Borneo FC setelah mendapat umpan terobosan dari Francisco Rivera.

Skor kembali imbang 2-2. 

Mendapat momentum bisa menyamakan kedudukan, Madura United semakin percaya diri untuk tampil menyerang. 

Sementara Borneo FC justru nampak kesulitan untuk bisa menembus pertahanan Madura United. 

Pada menit ke-67, Madura United sukses membalikkan kedudukan lewat gol yang kembali dicetak oleh Malik Risaldi setelah menerima umpan matang dari Hugo Gomes. 

Madura United berbalik unggul 3-2.

Situasi ini benar benar tidak menguntungkan bagi Borneo FC yang tertinggal agregat dua gol dari Madura United. Klub asal kota Samarinda itu berupaya keras untuk bisa menyamakan kedudukan dengan terus menekan pertahanan Madura United. 

Di sisi lain, Madura United terlihat semakin nyaman bermain dan mampu menciptakan beberapa peluang lewat tendangan Malik Risaldi dan Dalberto. Beruntung bagi Borneo FC, kedua peluang itu gagal membuahkan gol. 

Pada menit ke-79, Borneo FC memperoleh peluang lewat tendangan Wiljan Pluim. Namun bola masih melayang tipis di atas mistar gawang Madura United. 

Pada menit ke-84, Borneo FC kembali memperoleh peluang lewat tendangan Kei Hirose. Namun bola masih dapat ditangkap penjaga gawang Lucas Frigeri. 

Borneo FC terus menggempur pertahanan Madura United hingga memasuki menit injury time  selama 10 menit. 

Namun hingga babak kedua berakhir, Borneo FC tetap gagal menyamakan kedudukan sehingga skor tetap 3-2 untuk kemenangan tim tamu Madura United.

 



Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 19 Mei 2024  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024