Persib Bungkam Bali United 3-0

 


Sumber gambar : instagram.com/liga1match   

Persib Bandung tampil gemilang saat mengalahkan Bali United dengan skor telak 3-0 dalam laga Semi Final Leg 2 babak Championship Series kompetisi BRI Liga 1 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, kabupaten Bandung  pada hari Sabtu (18/05/2024) malam WIB.

Tiga gol yang membawa kemenangan klub berjuluk Maung Bandung ini masing masing dicetak oleh Ciro Alves pada menit ke-31, Febri Haryadi pada menit ke-39 dan Edo Febriansyah pada menit ke-71.

Dengan kemenangan di Leg 2 ini, Persib Bandung unggul agregat 4-1 (1-1, 3-0) atas Bali United dan memastikan lolos ke Final babak Championship Series.

Berikut ulasan singkat jalannya pertandingan : 

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Bali United langsung tampil menyerang meski bermain sebagai tim tamu. Namun tuan rumah Persib Bandung mampu meladeni permainan cepat dari Bali United dengan pressing  ketat.

Kedua tim yang bermain dalam tempo tinggi itu saling jual beli serangan dengan sengit. Meskipun demikian hingga laga berjalan 15 menit, belum ada peluang berarti yang mampu diciptakan oleh kedua tim. 

Barulah pada menit ke-16, Bali United memperoleh peluang lewat tendangan Eber Bessa. Namun bola masih melayang di atas mistar gawang Persib Bandung. 

Dua menit berselang, Bali United kembali memperoleh peluang lewat tendangan Ricky Fajrin dari jarak jauh. Namun bola masih dapat digagalkan penjaga gawang Kevin Ray Mendoza.

Persib Bandung baru memperoleh peluang lewat sundulan Ciro Alves pada menit ke-20 setelah menyambut umpan dari Rezaldi Hehanussa. Namun bola masih melayang di samping gawang Bali United.

Pada menit ke-23, Persib Bandung kembali memperoleh peluang lewat tendangan Marc Klok. Namun bola masih melayang di atas mistar gawang Bali United.

Puluhan ribu suporter fanatik Persib Bandung, Bobotoh bersorak bergemuruh pada menit ke-31 ketika Ciro Alves sukses membobol gawang Bali United lewat sundulan kepalanya setelah menyambut umpan lambung dari sepak pojok Marc Klok. 

Beberapa saat setelah terjadinya gol tersebut, wasit Rio Permana perlu meninjau Video Assistant Referee (VAR) untuk memastikan gol yang dicetak oleh Ciro Alves.

Hasilnya, wasit tetap pada keputusannya mensahkan gol tersebut.

Persib Bandung unggul 1-0. 

Tertinggal satu gol, Bali United berusaha menekan pertahanan Persib Bandung lewat umpan umpan lambung ke kotak penalti. Namun upaya klub berjuluk Serdadu Tridatu itu masih belum membuahkan hasil karena begitu rapatnya pertahanan Persib Bandung. 

Pada menit ke-39, justru Persib Bandung yang berhasil menggandakan keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Febri Haryadi dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari David da Silva. Penjaga gawang Adilson Maringa sebenarnya masih bisa menepis bola dari tendangan Febri Haryadi namun bola tetap bergulir masuk ke gawangnya.

Persib Bandung unggul 2-0. 

Setelah gol itu, Bali United sempat memperoleh peluang untuk mencetak gol balasan pada menit ke-43 lewat tendangan keras Mohammad Rashid. Sayangnya bola masih meluncur tipis di samping tiang gawang Persib Bandung. 

Hingga babak pertama berakhir, skor masih tetap 2-0 untuk keunggulan tuan rumah Persib Bandung.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, baik Persib Bandung maupun Bali United sama sama tampil menyerang dalam tempo yang cukup tinggi. 

Pada menit ke-48, Persib Bandung membuka peluang lewat tendangan Marc Klok. Namun bola masih melayang di atas mistar gawang Bali United. 

Pada menit ke-54, Bali United harus kehilangan penjaga gawang andalannya setelah Adilson Maringa mengalami cedera dan penjaga gawang asal Brasil itu langsung digantikan oleh Muhammad Ridho. 

Setelah itu Bali United berusaha untuk bisa memperkecil ketinggalannya dengan terus menekan pertahanan Persib Bandung. Namun demikian, upaya Bali United masih mampu diredam oleh pemain bertahan Persib Bandung yang tampil begitu solid di laga ini. .

Pada menit ke-71, gawang Bali United kembali kebobolan untuk ketiga kalinya setelah bola dari tendangan Edo Febriansyah setelah memanfaatkan bola liar yang memantul dari dada David da Silva yang gagal menaklukkan penjaga gawang Muhammad Ridho.

Persib Bandung unggul 3-0. 

Setelah gol itu, Persib Bandung mulai memperlambat tempo permainan dan lebih fokus dalam bertahan. Hal ini membuat Bali United makin kesulitan untuk bisa mencetak gol balasan.

Namun demikian pada menit ke-89, Ilija Spasojevic sempat berhasil mencetak gol ke gawang Persib Bandung setelah memanfaatkan bola rebound  dari tendangan Yabes Roni. Namun wasit menganulir gol tersebut karena Ilija Spasojevic sudah terlebih dahulu berdiri dalam posisi offside.

Hingga babak kedua berakhir, tuan rumah Persib Bandung tetap unggul 3-0 atas Bali United. 




Sumber gambar : instagram.com/liga1match 


NH 

Depok, 18 Mei 2024  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024