Pupus Sudah ..

 


Selamat pagi sobat, 

Kita sangat berharap agar timnas Indonesia bisa meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 di kesempatan ketiga atau yang terakhir. Namun apa hendak dikata, harapan itu pupus sudah ketika timnas Indonesia dikalahkan Guinea dengan skor tipis 1-0. 

Satu satunya gol yang membawa kemenangan Guinea dan sekaligus meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 dicetak oleh Ilaix Moriba (pemain asal klub La Liga Spanyol, Getafe CF) pada menit ke-29 melalui tendangan penalti. 

Pertandingan yang berlangsung di Stade Pierre Pibarot, Clairefontailne, Paris, Perancis pada hari Kamis (09/05/2024) malam WIB, timnas Indonesia secara tak terduga mampu memberikan perlawanan sengit terhadap Guinea yan turun dengan seluruh pemain yang bermain di klub klub Eropa.

Indonesia juga beberapa kali  mampu mengancam gawang Guinea namun penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang yang diperoleh gagal berbuah gol. 

Sementara Guinea tampil tak seperti yang diberitakan di banyak media sosial sebagai tim yang superior. 

Peringkat Keempat Piala Afrika U23 tahun 2023 ini menang lebih menguasai permainan namun juga membuang banyak peluang untuk mencetak gol, salah satunya tendangan penalti kedua yang diperoleh secara kontroversial yang mampu digagalkan penjaga gawang timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi. 

Wasit memberi hadiah penalti kepada Guinea pada menit ke-73 setelah menganggap pemain timnas Indonesia Alfeandra Dewangga melanggar pemain Guinea padahal dari tayangan ulang di layar TV, jelas jelas terlihat Dewangga menyentuh bola terlebih dulu sebelum pemain Guinea terjatuh. Namun wasit tetap pada keputusannya meskipun mendapat protes dari pemain dan official timnas Indonesia.

Buntut protes dari tendangan penalti yang kontroversial itu, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong mendapat kartu merah dari wasit dan harus meninggalkan area lapangan pertandingan.

Perpanjangan waktu 8 menit di babak kedua, tak mampu dimanfaatkan timnas Indonesia untuk menyamakan kedudukan sehingga skor akhir pertandingan tetap 1-0 untuk kemenangan Guinea.

Sebelumnya, untuk bisa memperoleh tiket ke Olimpiade Paris 2024 sebenarnya timnas Indonesia memiliki tiga kesempatan setelah sukses lolos ke babak Semi Final Piala Asia U23 karena Juara, Runner-Up dan Peringkat Ketiga langsung mendapat tiket ke Olimpuade Paris 2024 sedangkan Peringkat Keempat harus melakukan pertandingan playoff  dengan wakil dari negara Afrika, Guinea.

Sayangnya di dua kesempatan pertama, timnas Indonesia gagal. Di babak Semi Final, timnas Indonesia kalah dari Uzbekistan dengan skor 2-0 dan di pereburan Peringkat Ketiga, timnas Indonesia kalah dari Irak dengan skor tipis 2-1. 

Selanjutnya di kesempatan ketiga, timnas Indonesia kembali gagal setelah dikalahkan oleh Guinea dengan skor tipis 1-0. 

Harapan untuk bisa tampil di pentas Olimpiade pupus sudah dan entah kapan lagi kita kembali memperoleh tiga kesempatan seperti sekarang ini.

Meskipun gagal meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024, namun penampilan timnas Indonesia patut diapresiasi dan banyak mendapat pujian dari pelatih dan pengamat sepakbola baik di dalam maupun luar negeri. 

Kita juga patut memberi acungan jempol kepada pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong (STY) yang telah mampu membuat skuad timnas Indonesia baik U23 maupun Senior dengan penampilan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Selain itu STY juga mampu membawa rangking FIFA Indonesia melesat ke posisi 134

Kita berharap agar di waktu mendatang, timnas Indonesia dengan pelatih STY dapat tampil lebih baik lagi dan mampu lolos ke putaran final Piala Dunia tahun 2026 dan menembus rangking FIFA di posisi 100 besar dunia ! 

Insya Allah ..



Sumber gambar : instagram.com/pssi

 

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Fausan Kini Tinggal Di Negara Kenya

Di Sana Dia Suka Berkuda

Kekalahan Bukan Akhir Dari Segalanya

Kekalahan Adalah Kemenangan Yang Tertunda

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 10 Mei 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Cover Buku Yang Spesial

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024