Memilih Cover Buku Yang Spesial

 


Selamat pagi sobat, 

Di bulan Juni 2024 ini saya akan kembali menerbitkan buku setelah pada tanggal 8 Juni 2024 yang lalu saya telah menerbitkan buku ketujuh di tahun 2024 dan buku ke-94 sejak saya mulai menerbitkan buku pada tanggal 22 Agustus 2020. 

Tentu saja sebelum diterbitkan, saya harus mempersiapkan draft buku secara lengkap mulai dari cover buku bagian depan dan belakang, halaman judul, halaman balik judul, daftar isi, kata pengantar/sekapur sirih, naskah, dan profil penulis. Selain itu juga ada sinopsis buku sebagai kelengkapan syarat terbit. 

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pemilihan cover buku yang menurut saya spesial untuk buku yang akan saya terbitkan kali ini. 

Ceritanya saat itu di siang hari tanggal 22 April 2024, saya buka buka WAG di handphone dan di salah satu WAG saya melihat beberapa foto yang diupload oleh sahabat saya, Yugo yang salah satu fotonya sangat menarik perhatian saya dan menurut saya sangat cocok dijadikan cover buku dengan judul buku yang mau saya terbitkan di bulan Juni 2024 ini.

Sebuah pemandangan alam saat pagi hari nan indah di Belitong, Bangka Belitung. Foto ini diambil oleh Yugo saat berlibur ke sana.

Yugo, nama lengkapnya Dr. Yugo Kartono Isal, MSc sudah lama saya mengenalnya sejak tahun 1980 saat kami sama-sama menjadi mahasiswa di Jurusan Matematika (sekarang Departemen Matematika) Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 

Setelah lulus, kami sempat sama-sama mengajar di STKG Gunadarma (sekarang Universitas Gunadarma) dan setelah itu, Yugo yang menjadi Dosen tetap di Universitas Indonesia melanjutkan studi S2nya ke Kanada. 

Sebagai Doktor ilmu Komputer, kini Yugo aktif mengajar di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Selain sebagai Dosen, Yugo aktif  berkegiatan sebagai pembina seni musik di Universitas Indonesia yang berujung sukses mengantarkannya bermain musik di manca negara. 

Selain sebagai Dosen dan Pemusik handal, Yugo juga menggeluti bidang fotografi dan telah banyak mengoleksi kamera foto yang super canggih. Tak heran jika hasil jepretannya begitu apik dan indah termasuk salah satunya foto yang saya pilih sebagai cover buku. 

Keesokan harinya, tanggal 24 April 2024, saya mengontak Yugo by WA untuk minta ijin menggunakan salah satu foto miliknya untuk menjadi cover buku saya. 

Alhamdulillah, sahabat saya ini dengan senang hati memberi ijin dan mempersilahkan saya  mengambil foto foto lain hasil bidikannya untuk keperluan pembuatan cover buku yang berikutnya. 



Foto by Yugo Isal 

Awalnya, foto karya Yugo yang sudah saya pilih akan saya gunakan untuk cover depan dan belakang buku namun pada tanggal 26 Mei 2024 saya menemukan foto bidikan Yugo yang lain di akun Facebooknya yakni suasana pagi di sekitar Balairung Universitas Indonesia. Begitu indah dan apik sehingga saya pun memutuskan untuk menjadikannya sebagai cover belakang buku sekaligus buat kenangan bahwa kami pernah bersama sama menuntut ilmu di kampus Universitas Indonesia. 

Selanjutnya masih di hari yang sama, saya mengontak Yugo by WA untuk kembali meminta ijin penggunaan foto hasil jepretannya itu. 



          Foto by Yugo Isal 

Lengkap sudah cover depan dan belakang untuk buku yang bakal saya terbitkan bertepatan dengan peringatan hari Ulang Tahun kota Jakarta yang ke-497 pada tanggal 22 Juni 2024.

Insya Allah ..

Terima kasih bro Yugo atas keikhlasannya mewakafkan dua hasil karyanya nan indah untuk dijadikan cover buku saya. 

Semoga kita senantiasa diberikan nikmat sehat oleh Allah Subhannahu Wa Ta'ala sehingga kita dapat terus berkarya untuk dapat memberikan manfaat bagi banyak orang .. 

Aamin Aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri : 

Mpok Iroh Suka Naik Pedati

Sambil Menyanyikan Lagu Jenaka

Jadilah Sahabat Yang Sejati

Selalu Hadir Dalam Suka Dan Duka

*** 

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 18 Juni 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kilas Balik Dalam Menerbitkan Buku

Terbitkan Buku Di Bulan Juni 2024